Sukses

Sesak Nafas Pasca Melahirkan

08 Apr 2017, 11:40 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok kenapa ya punggung saya terasa sakit sampai ke ulu hati juga sampai muntah" di sertai nafas sesak, dan bulan lalu saya baru saja melahirkan dan setiap selesai menyusui, punggung saya akan terasa sangat sakit... Penyakit apa ya dok? Dan apa yg harus saya lakukan? Apakah ada obat.y?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter dan bertanya mengenai sesak nafas.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan rasa sesak memang merupakan keluhan yang mengganggu. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, ada kemungkinan Anda mengalami kelainan Peripartum Cardiomyopathy yaitu suatu kelainan yang terjadi karena otot jantung menjadi lemah sehingga tidak dapat memompa jantung dengan efisien.

Kelainan ini dapat terjadi dan diketahui pada bulan terakhir kehamilan sampai 5 bulan setelah melahirkan, jika tidak ditemukan kelainan lainnya. Namun untuk memastikan hal ini masih diperlukan pemeriksaan lainnya, yaitu ekokardiografi. Ekokardiografi adalah pemeriksaan jantung dengan metode USG untuk melihat kondisi jantung lebih detil.

Kami menyarankan sebaiknya Ibu mengunjungi dokter spesialis jantung dan pembuluh darah untuk pemeriksaan ekokardiografi. Ibu juga perlu membawa semua hasil pemeriksaan Ibu sebelumnya. Setelah pemeriksaan lebih lanjut, diharapkan dapat diketahui kelainan yang mendasari keluhan Ibu dan dapat segera ditangani lebih lanjut.

Demikian informasi kami sampaikan menegnai sesak nafas, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar