Sukses

Penyebab Terlambat Haid

08 Apr 2017, 09:38 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat malam dok, saya mau tanya sedikit yg saya alami sekarang, saya sudah menikah 1tahun yg lalu,dan belum di karuniai anak. Sudah 3hari ini punggung saya terasa sangat pegal,perut saya kadang² terasa merilit. Awalnya saya fikir gejala datang bulan,karena,biasanya saya kalau datang bulan suka terasa pegal² punggung saya,tetapi ini sudah 3 hari ini saya belum juga datang bulan,kira² kenapa ya dok? Apa saya terlalu kecapekan,atau memang akan datng bulan dok,karna belum telat haid.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya siklus haid dapat maju maupun mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.

Menjelang haid, hormon prostaglandin meningkat, hormon inilah yang memicu adanya nyeri ataupun pegal pada otot punggung. Namun demikian, nyeri punggung juga dapat disebabkan oleh aktivitas yang rendah. Kesalahan posisi juga dapat menyebabkan gangguan otot sehingga menimbulkan keluhan sakit, pegal atau tidak nyaman. Sementara itu, untuk mengurangi nyeri Anda dapat melakukan beberapa metode yang disingkat dengan PRICE, yaitu :

P : Protection (memberikan perlindungan pada bagian nyeri) contoh: memakai pelindung punggung/pinggang
R : Rest (mengistirahatkan atau mengurangi aktivitas yang membuat pinggang/punggung nyeri)
I : Ice (mengkompres punggung/pinggang dengan es bila terasa nyeri)
C : Compression (membalut punggung/pinggang yang terasa nyeri) contoh: memakai elastic bandage
E : Elevation (meninggikan daerah yang mengalami nyeri) misalkan dengan memakai alas pada bagian punggung saat duduk, bersandar atau berbaring
Anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri atau menggunakan obat oles anti nyeri yang dijual bebas di pasaran untuk mengurangi rasa nyeri. Anda juga perlu memperhatikan posisi tidur Anda dan juga dapat meningkatkan aktivitas fisik dengan melakukan olahraga secara rutin, 2-3 kali/minggu, 30 menit/kali. Jika keluhan masih terasa mengganggu sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik dan mungkin diperlukan terapi diatermi (pemanasan) dan juga terapi peregangan otot untuk mengatasi nyeri.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar