Sukses

Benarkah Stres Menyebabkan Berbagai Pernyakit?

08 Apr 2017, 04:00 WIB
Pria, 62 tahun.

Doketr atau para doketr ykh, Saya mendapati tulisan dari seorang teman isinya ialah : Seorang Profesor Muslim di Jepang melakukan Riset yg luar Biasa :... 1. Jika maag bukan hanya diakibatkan karena kesalahan pola makan, tapi justru lebih didominasi karena stress. 2. Jika hypertensi bukan hanya diakibatkan oleh terlalu banyak konsumsi makanan yang asin, tapi lebih dominan karena kesalahan dalam me manage emosi. 3. Jika kolesterol bukan hanya diakibatkan oleh makanan berlemak, tapi rasa malas berlebih yang lebih dominan menimbun lemak. 4. Jika asthma bukan hanya karena terganggunya suplai oksigen ke paru-paru, tapi sering merasa sedih yang membuat kerja paru-paru tidak stabil. 5. Jika diabetes bukan hanya karena terlalu banyak konsumsi glucousa, tapi sikap egois dan keras kepala yang mengganggu fungsi pankreas. 6. Jika penyakit liver bukan hanya karena kesalahan pola tidur, tapi sifat suudzon kepada orang lain yang justru merusak hati kita. 7. Jika jantung koroner bukan hanya diakibatkan oleh sumbatan pada aliran darah ke jantung, tapi jarang sedekah membuat jantung kita kurang merasakan ketenangan, sehingga detaknya tidak stabil. Dan masih banyak lagi Faktor penyebab penyakit adalah karena masalah - Spiritual 50% - Psikis 25% - Sosial 15% - Fisik 10% Maka benarlah firman Allah Subhana wa ta'ala : Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar dari kesalahan-kesalahanmu. Dan kamu tidak dapat melepaskan diri (dari azab Allah) di muka bumi, dan kamu tidak memperoleh seorang pelindung dan tidak pula penolong selain Allah. QS: Asy-Syura 42 :30-31 yang maknanya antara lain memang demikian. Jadi kalau kita ingin selalu sehat, perbaiki diri kita, pikiran kita, terutama hati kita dari penyakit hati, hasad, hasud, iri, dengki, dendam, fitnah, ghibah, riya, ujub...... Benarkah adanya ? Mohon penjelasan Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya tentang stres bisa menyebabkan berbagai penyakit melalui fitur Tanya Dokter.

Penyakit mag, hipertensi, diabetes, penyakit hati, penyakit jantung koroner dan berbagai penyakit metabolik lainnya memang dapat dicetuskan dan diperberat oleh adanya stres atau gangguan psikis lain seperti gangguan cemas, depresi, dan sebagainya.

Oleh karena itu, selain pengobatan medis penting, mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa juga tak kalah pentingnya untuk dilakukan.

Namun demikian, kita tak bisa mengabaikan penyebab lain dari penyakit tersebut karena selain stres, ada berbagai penyebab penyakit mag, hipertensi, diabetes, jantung.

Demikian penjelasan tentang stres bisa menyebabkan berbagai penyakit. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar