Sukses

Penanganan Hipotensi

07 Apr 2017, 08:06 WIB
Pria, 29 tahun.

Pagi dok, mau tanya mengenai hipotensi. Saya sangat sering mengalami tekanan darah rendah. sudah sebulan tekanan darah saya dibawah 100. biasanya 90-an atau kadang2 80 dan bahkan pernah sampai 70. apakah itu berbahaya jika terlalu sering dengan jangka waktu yg lama? Bagaimana cara menanganinya. Terima kasih.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai penanganan hipotensi melalui fitur Tanya Dokter.

Diagnosis tekanan darah rendah (hipotensi) ditegakkan berdasarakan tanda dan gejala yang ditimbulkan akibat kegagalan pengaliran darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke otak, jantung, dan ginjal. Seseorang dapat, memiliki tekanan darah 90/50 namun tidak mengalami gejala tekanan darah rendah. Namun, orang lain yang biasanya memiliki tekanan darah tinggi akan mengalami gejala-gejala darah rendah ketika tekanan darahnya turun menjadi 100/60.

Karena itu, sebelum memutuskan apakah gejala yang dialami Anda merupakan gejala darah rendah atau bukan, maka perlu diketahui tekanan darah Anda sehari-hari. Jika tekanan darah Anda sehari-hari tergolong normal, maka tekanan darah 90/80 mmHg biasanya belum menimbulkan keluhan darah rendah. Namun jika tekanan darah anda sehari-hari cenderung tinggi, maka tekanan darah 90/80 mmHg mungkin sudah mampu untuk menimbulkan keluhan darah rendah pada diri anda, seperti pingsan atau pusing yang biasanya dipicu oleh perubahan posisi dari duduk ke berdiri, nyeri dada atau serangan jantung, peningkatan kadar ureum dan kreatinin darah, dll.

Sementara tekanan darah rendah dapat terjadi akibat :

volume darah yang berkurang (misal akibat dehidrasi sedang/berat)
menurunnya jumlah darah yang dipompa jantung
penggunaan obat-obatan penurun tekanan darah.

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membantu meningkatkan tekanan darah adalah :

Konsumsi garam yang lebih banyak
Banyak minum air, hindari alkohol
Makan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering, dengan kandungan karbohidrat yang tinggi)

Untuk itu Kami anjurkan agar Anda dapat konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan fisik lebih lanjut dan penanganan yang lebih optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penanganan hipotensi, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar