Sukses

Nyeri Lutut

07 Apr 2017, 14:30 WIB
Pria, 47 tahun.

Awalnya papa saya punya penyakit asam urat. Lalu ia makan kangkung dan lainnya yang bikin ia jadi sakit asam urat. Setelah sedikit membaik ada kepentingan keluarga, dan papa saya pulang pergi selama 5 hari berturut turut dari Bekasi ke Bogor menggunakan mobil manual. Lalu penyakit papa saya kumat lagi. Tapi bedanya terdapat benjolan di bagian lutut kiri, tapi yang sakit bagian lutut kanan. Dan dilanjuti lagi saat papa saya cuci piring siku tangannya menekan, setelah dilihat kembali rasanya gatal dan menghitam. Ingin minum medrol tapi takut terkena gula & darah tinggi. Akhirnya papa saya mencoba memakai beras kencur dan minyak urut yang panas. Tapi sakitnya tidak sembuh juga selama sebulan ini. Kata papa saya jika duduk dikursi lututnya terasa sakit luar biasa. Sebenarnya itu sakit apa ya Dok? Dan bagimana cara menyembuhkannya ? TERIMA KASIH DOKTER.

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri lutut melalui fitur Tanya Dokter.

Singkatnya lutut terdiri dari tulang, kapsul, rawan sendi, meniscus, ligamen, otot dan syaraf yang bekerja sama untuk menghasilkan suatu gerakan lutut yang sempurna. Nyeri lutut dapat terjadi pada semua umur dan oleh berbagai penyebab. Dan penanganan nyeri lutut berbeda-beda, harus berdasarkan penyebabnya.

Nyeri lutut yang terjadi pada orang dewasa, dapat diakibatkan karena trauma seperti terjatuh, keseleo, cedera waktu olahraga baik disadari maupun tidak. Selain itu nyeri lutut juga bisa disebabkan kelainan diluar lutut seperti akibat lemahnya otot paha, cedera ligamen lutut dalam, kelainan disendi panggul, atau kelainan di tulang belakang (HNP) yang tentunya memerlukan penanganan yang lebih kompleks.

Pada usia diatas 45 tahun, pada umumnya masalah degeneratif menjadi masalah utama, yaitu kerusakan tulang rawan sendi yang disebut dengan arthritis / pengapuran. Penyebabnya digolongkan menjadi dua, yaitu penyebab primer bila disebabkan karena proses penuaan dimana sendi menjadi aus akibat produksi cairan pelumas yang berkurang. Sedangkan penyebab sekunder bila disebabkan oleh cedera waktu muda yang tidak segera diatasi, bentuk kaki yang O atau X, penyakit reumatik dan asam urat, infeksi dan lain sebagainya.

Pada stadium awal pengobatan dan pencegahan dapat menggunakan obat-obatan, suntik sendi, fisioterapi, olahraga low impact dan tindakan arthroscopy. Sedangkan pada stadium lanjut diperlukan tindakan pembedahan yang lebih kompleks, yaitu tindakan operasi pelapisan permukaan sendi dengan sendi buatan (arthroplasty) atau bahkan total knee replacement. Tindakan ini dapat menuntaskan rasa kaku, nyeri, hambatan gerak dan meluruskan tulang lutut yang sudah bengkok.

Untuk itu, Kami sarankan Anda memeriksakan ayahanda terkait keluhan nyeri lutut pada dokter terdekat, dan bila dirasa gangguan ini berat dokter dapat merujuk ayah Anda ke pusat pelayanan medis yang memiliki fasilitas dan tenaga dokter yang memiliki keahlian khusus untuk mengatasi penyakit-penyakit yang kompleks pada lutut.

Demikian, semoga informasi tentang nyeri lutut ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar