Sukses

Pertumbuhan Rambut Bayi

06 Apr 2017, 13:16 WIB
Wanita, 37 tahun.

Anak saya laki laki usia 4bulan 7hari tp rambut nya ga tumbuh-tumbuh setelah dicukur botak saat umur 2bulan. Mohon sarannya supaya rambut bisa tumbuh banyak.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai pertumbuhan rambut bayi melalui fitur Tanya Dokter.

Pertumbuhan rambut pada bayi memang sulit diprediksi dan bervariasi. Seorang bayi memiliki dua jenis rambut. Rambut pertama merupakan rambut yang tumbuh sejak dalam kandungan dan rambut kedua (rambut permanen) merupakan rambut yang tumbuh menggantikan rontoknya rambut pertama. Rambut pertama biasanya rontok pada bulan-bulan awal. Tumbuhnya rambut permanen sangat bervariasi. Ada bayi yang rambut permanennya tumbuh dalam waktu bersamaan dengan rontoknya rambut pertama sehingga tidak pernah terlihat botak. Sedangkan ada beberapa bayi yang rambut permanennya baru tumbuh setelah usia 1-2 tahun. Hal tersebut merupakan hal yang wajar.

Selain itu, pada usia anak 3-6 bulan terkadang pertumbuhan rambut agak lambat atau tidak merata karena masih sering berbaring. Jika anak sudah mulai belajar duduk maka pertumbuhan rambutnya akan lebih baik. Pertumbuhan rambut juga sangat dipegaruhi oleh faktor genetik dan faktor nutrisi. Jika ayah dan ibu juga termasuk yang berambut tipis dan tidak lebat maka dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut anak. Faktor nutrisi yang cukup juga dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Untuk itu, Ibu tidak perlu terlalu kuatir dengan pertumbuhan rambut si buah hati. Pantau pertumbuhan dan perkembangannya. Jika pertumbuhan dan perkembangannya baik maka anak Ibu dapat tetap sehat selalu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pertumbuhan rambut bayi. Semoga bermanfaat. Salam sehat

0 Komentar

Belum ada komentar