Sukses

Sakit Kepala di Sekitar Mata

06 Apr 2017, 05:52 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok, saya ingin bertanya.. Mengapa saya sering tiba-tiba pusing di sekitar mata, jantung saya berdetak tidak beraturan, berkeringat tanpa henti ? Padahal saya sedang tidak beraktivitas.

Terimakasih telah bertanya seputar sakit kepala di sekitar mata melalui fitur Tanya Dokter.

Sakit kepala di sekitar mata disebut dengan cluster headache atau nyeri kepala tipe klaster. Nyeri yang terjadi umumnya singkat namun intensitas nyeri sangat berat.

Penyebabnya masih belum diketahui secara pasti, namun diduga ada peran dari saraf wajah. Selengkapnya dapat Anda baca di sini: Sakit Kepala di Sekitar Mata.

Gejalanya biasanya bersifat tiba-tiba dan nyeri yang timbul berupa nyeri tajam yang seperti menusuk atau membakar pada salah satu sisi kepala. Seringkali dirasakan di sekitar mata, dahi dan kadang wajah.

Seringkali penderitanya terlihat gelisah karena nyeri sangat hebat dan reaksinya dapat berupa menggeleng-gelengkan kepala dengan keras hingga menumbukkan kepala ke tembok.

Keluhan lain yang menyertai berupa mata merah dan berair, salah satu kelopak mata menutup dan membengkak, wajah berkeringat, hidung tersumbat, hingga telinga kemerahan.

Serangan nyeri ini biasanya berlangsung selama 15 menit hingga 3 jam dan terjadi 1-8 kali per hari.

Nyeri kepala ini sebenarnya tidak berbahaya namun sangat mengganggu penderitanya. Obat-obatan yang digunakan juga khusus, yaitu golongan triptan. Antinyeri biasa umumnya kurang memberikan efek.

Bila Anda mengalami nyeri kepala jenis ini sebaiknya segera konsultasikan diri ke dokter saraf.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar sakit kepala di sekitar mata. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar