Sukses

Kedutan Di Dada, Apakah Tanda Penyakit Jantung?

06 Apr 2017, 03:52 WIB
Pria, 41 tahun.

Dok, saya mau tanya, dada sebelah kiri diatas payudara sering kedutan dan tidak ada masalah yang lain. Saya jadi takut apakah pertanda sakit jantung ?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan tentang penyebab kedutan di dada.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Terdapat beberapa jenis gerakan involunter (diskinesia), yaitu tic (kedutan), ataksia, mioklonus, disfonia, distonia, dan sebagainya.

Namun pertama-tama kami perlu menanyakan beberapa hal: seberapa sering kedutan tersebut muncul? Apakah kedutan tersebut menganggu aktivitas Anda sehari-hari?Kebanyakan penyebabnya datang dari stres, fatigue/lelah, emosi, kelebihan konsumsi kafein, atau kurangnya kalium dalam makanan.

Seringkali kedutan dapat hilang sendiri, baik dalam beberapa menit ataupun beberapa hari tanpa ada gejala sisa. Namun, jika terjadi secara terus menerus harus ditelusuri kembali lebih jauh penyebab yang mendasari.

Penyakit jantung umumnya tidak ditandai dengan kedutan melainkan keluhan nyeri dada seperti diremas atau ditekan, yang umumnya muncul setelah aktivitas berat. Nyerinya menjalar ke lengan atau punggung atau rahang.

Kami menganjurkan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter saraf (neurolog) untuk mengatasi hal ini.

Demikian penjelasan mengenai penyebab kedutan di dada. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar