Sukses

Badan Terasa Ingin Pingsan

05 Apr 2017, 21:57 WIB
Wanita, 30 tahun.

Assalamualaikum... Dok...mau tanya,, terakhir periksa tensi saya 95/60.., gula darah 107,, asam urat 6,1...,, kolestrol 191...,, Saya itu sering merasa seperti mau pingsan...tapi tidak pingsan...,,hanya rasa rasanya saja...kadang seperti melayang...,, kadang tiba tiba gemetar..,,kadang tiba tiba lemass...kadang tiba tiba merasa dinginn...,, konsentrasi seperti tiba tiba saja hampir ngebleng...,, tidur lama bikin kepala belakang agak capek...,, kalo tiba tiba bangun mendadak...mata itu kayak ada bayang bayangnya...,, sakit apa sebenarnya saya dok...apakah itu ada gejala gejala penyakit parah??? Apakah ada hubungannya dengan kb iud saya...? Solusinya apa ya...???tolong ya dok... Terimaksih... wassalamualikum...

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang hipotensi melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang Anda sebutkan, tekanan darah Anda rendah dan angka kolesterol Anda tinggi (apakah sebelum pemeriksaan berpuasa?). Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini?

Tekanan darah normal untuk orang dewasa adalah sekitar 120/80 mmHg. Sedangkan tekanan darah rendah (hipotensi) merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah rendah hingga dibawah 90/60 mmHg, walau tekanan darah memang bervariasi untuk setiap orang, bisa saja ada yang tekanan darahnya 80/60 namun tidak merasakan apa-apa. Gejala yang dapat muncul saat tekanan darah rendah adalah pusing hingga pingsan, pandangan kabur/gelap, sulit berkonsentrasi, mual, lemas, kaki dan tangan dingin, depresi hingga rasa haus yang berlebih seperti yang Anda alami. Jika tekanan darah turun terlalu rendah dapat menyebabkan jantung dan otak kekurangan oksigen sehingga menyebabkan penurunan kesadaran sampai kematian.

Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh banyak hal yang tidak serius hingga beberapa penyakit seperti kelainan jantung, dehidrasi, kehamilan, gangguan hormonal, perdarahan, dan obat-obatan.

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membantu meningkatkan tekanan darah adalah :

1. Konsumsi garam yang lebih banyak

2. Banyak minum air, hindari alkohol

3. Makan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering, dengan kandungan karbohidrat yang tinggi)

4. Olahraga teratur yang memacu kerja otot dan jantung (aerobik) seperti berenang, lari, bersepeda, dsb selama minimal 30 menit, 3-4x/minggu.

5. Untuk penderita hipotensi ortostatik (gejala: pusing dan gelap mendadak saat merubah posisi dari tidur ke duduk/berdiri): bangun secara perlahan dari tidur/duduk dan jangan menyilangkan kaki saat duduk.

Rasa pusing atau pandangan gelap setelah bangun dari duduk atau tidur sering disebabkan oleh hipotensi ortostatik. Pada saat berdiri/duduk tiba-tiba darah akan secara mendadak turun ke bagian tubuh paling bawah (kaki) akibat gaya gravitasi.

Orang yang sehat setelah duduk atau berbaring kemudian berdiri dapat menyesuaikan dalam beberapa detik. Namun jika kondisi ini berlangsung lama atau hingga membuat orang pingsan meskipun sesaat, bisa jadi hal ini merupakan tanda-tanda adanya masalah yang lebih serius.


Untuk mengetahui solusi berbagai macam keluhan yang Anda perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang secara keseluruhan oleh Dokter agar tata laksana yang diberikan sesuai dengan faktor pemicu yang melandasi keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang hipotensi. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar