Sukses

Susu Ibu Hamil

05 Apr 2017, 18:48 WIB
Pria, 28 tahun.

Selamat pagi dokter. Saya sudah menikah sekitar 7 bulan dan mengkonsumsi susu Prenagen Esensis untuk persiapan kehamilan. Kebetulan saya belinya beberapa kotak agar jika habis masih ada stock. Bulan ini, haid saya sudah telat 1 minggu, pagi ini saya dan suami sudah melakukan teskpack ternyata hasilnya positif :) Pertanyaannya adalah, stock susu prenagen esensis saya masih ada sisa 2 kotak, apakah masih boleh dikonsumsi atau sudah harus ganti ke prenagen mommy emesis? Terima kasih sebelumnya dok. Salam, Merry

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang susu ibu hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Pertama - tama kami ucapkan selamat atas kehamilan Anda. Terkait susu yang Anda maksud, kami tidak memiliki kapasitas untuk menjawabnya karena berkaitan dengan merk tertentu dan dikhawatirakan dapat terjadi bias promosi dari produk tertentu. 

Susu yang Anda sebutkan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berguna untuk mempersiapkan kehamilan, jika Anda sedang hamil saat ini maka konsumsi susu tersebut kurang tepat karena kandungannya bukan disesuaikan untuk nutrisi ibu hamil namun untuk nutrisi ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan.

Yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama adalah:

Karbohidrat. Pada bulan pertama, ibu butuh kalori ekstra agar pertumbuhan janin pesat
Protein: Untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh yang rusak. Protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil lebih banyak (10 gram lebih banyak). Protein bisa didapatkan dari makanan sehari-hari seperti tempe, tahu, telur, dan daging.
Asam folat: untuk mendukung tumbuh kembang janin dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Sumber: bayam, tomat, jeruk, kol, selada.
Kalsium: berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, bisa didapatkan dari susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.
Zat besi: mencegah anemia pada ibu dan mendukung pembentukan sel darah merah pada janin. Biasanya ibu hamil diberikan suplemen zat besi, sumber utama zat besi dari makanan adalah sayuran hijau (bayam).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang susu ibu hamil. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar