Sukses

HIdung Bau Busuk

05 Apr 2017, 17:38 WIB
Wanita, 20 tahun.

Mengapa ingus bau busuk? Selamat pagi dok, saya wanita 20 tahun. Sekitar satu bulan yang lalu saya mengalami flu. Dan yang mengeluarkan ingus hanya hidung sebelah kiri saja. Tetapi setelah beberapa hari kemudian saya merasa mencium bau busuk dari hidung saya sendiri ketika hendak menghirup udara. Maka dari itu saya pun memeriksakan diri ke Dokter Spesialis THT. Setelah melakukan pemeriksaan menggunakan alat semacam rekam hidung, Dokter mengatakan bahwa bau tersebut berasal dari amandel yang bengkak, padahal tenggorokan saya sama sekali tidak merasakan sakit. Saya hanya diberi obat antibiotik dan obat kumur. Setelah pilek nya sembuh, bau nya hilang. Dan sekarang, saya mengalami flu lagi. Bedanya sekarang hidung saya kedua lobang nya mengeluarkan ingus, hanya saja warna nya berbeda. Sebelah kiri kuning kehijauan, sebelah kanan bening kadang kuning. Dan bau itu ada lagi dok, masih berasal dari hidung sebelah kiri. Bahkan ingus nya pun sama berbau busuk. Saya merasa sangat tidak nyaman karena sering mual sendiri ketika hendak bernafas. Kira kira, apakah bau ini tetap di sebabkan oleh amandel yang bengkak atau ada penyebab lain dok? Sebelumnya, saya ucapkan maaf dan terimakasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang hidung bau busuk melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sudah berapa lama keluhan Anda timbul? Apakah keluhan tersebut menetap? Apakah disertai keluhan lain, seperti demam, nyeri kepala, atau pilek? Kami menduga penyebab dari bau kurang sedap yang keluar dari hidung Anda disebabkan oleh sinusitis.

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
Kurangnya oksigen
Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.
?Gejala penyakit sinusitis diantaranya adalah :

Terdapat dahak di tenggorokan, seperti cairan dari hidung jatuh ke bawah rongga.
Hidung tersumbat dan gatal.
Terdapat bau tak sedap setiap kali bernapas.
Bersin-bersin.
Mengeluarkan ingus (sekret) berwarna putih kental. Kalau warna sekret sudah berwarna kekuningan atau bahkan kehijauan, maka kuman di dalam sekret sudah lebih banyak. Sedangkan sekret pada alergi berwarna putih, bening, dan cair.
Sakit kepala karena sekret di rongga sinus menekan ke kepala.
Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Namun, pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Yang harus dilakukan pada kasus alergi adalah menghindari pemicunya.

Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus.

Apabila keluhan ini menetap dan sangat mengganggu, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT). Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik yang menyeluruh, dan pemeriksaan penunjang (bila diperlukan) untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang hidung bau busuk. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar