Sukses

Masa SUbur dan Tanda Kehamilan

05 Apr 2017, 11:32 WIB
Wanita, 21 tahun.

Tgl 13 saya haid selesai tanggal 20 ,kemudian saya berhubungan dengan suami tgl 21,24,26 yang saya ingin tanyakan apakah saya bisa hamil jika berhubungan setelah mens ? Saat ini saya kadang suka merasakan mual,perasaan tidak enak di perut,sakit pinggang,dan merasa lapar terus. Apakah itu tanda tanda kehamilan? Kapan saya bisa melakukan tes Dini kehamilan?

Terima kasih telah bertanya seputar masa subur dan tanda kehamilan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Dalam usaha untuk memiliki momongan, hubungan seksual paling baik dilakukan pada masa subur dengan jarak sekitar 2 hari antar hubungan seks. Perhitungan masa subur adalah 14 hari +/- 2 hari sebelum Hari Pertama Haid Berikutnya. Anda dapat menyertakan siklus menstruasi Anda (6 siklus terakhir atau paling tidak 3 siklus terakhir) agar dapat dilakukan perhitungan rata-rata masa subur.

Namun, perhitungan masa subur hanya dapat efektif atau akurat apabila siklus menstruasi seorang wanita tergolong normal (21-35 hari, @3-7 hari, @20-60 ml). Apabila siklus menstruasi tidak berlangsung teratur, maka perhitungan masa subur ini tidak akan akurat.

Siklus menstruasi normal umumnya berkisar antara 21-35 hari. Antara hari ke-12 hingga hari ke-14 terjadi pelepasan sel telur dari indung telur (ovulasi) akibat peningkatan tajam kadar hormon lutein (luteinizing hormone/LH) dalam darah, disebut LH surge (baca Fisiologi Menstruasi). Dengan demikian, masa ovulasi sebenarnya dapat diprediksi dengan mendeteksi kadar LH, yaitu ada/tidaknya LH surge saat pemeriksaan dilakukan.

Saat ini, alat untuk mendeteksi ovulasi telah beredar luas dan dapat Anda peroleh di apotek-apotek terdekat. Bentuknya adalah sama dengan alat yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan, yaitu menggunakan strip. Perbedaannya terletak pada waktu pengambilan sampel urin. Tidak seperti pemeriksaan kehamilan, urin yang diambil pagi hari bukanlah urin yang terbaik untuk pemeriksaan LHsurge, mengingat LH baru mulai disintesis pagi hari dan baru akan timbul di urin saat siang atau sore hari.

Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

sering berkemih
pembesaran dan nyeri payudara
mual
perasaan lelah
daerah sekitar puting susu menghitam
peningkatan suhu tubuh
flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding Rahim
dsb

Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Jika Anda terlambat haid Anda dapat melakukan pemeriksaan test pack terlebih dahulu. Namun, untuk memastikan apakah terjadi kehamilan pada diri Anda perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti. Kami sarankan jika Anda terlambat haid lebih dari 2-3 minggu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar