Sukses

Bersin Terus Menerus

05 Apr 2017, 09:51 WIB
Pria, 32 tahun.

Assalamualaikum wr.wb..... Begini dok,kalau saat bersin. Bersin saya itu datangnya sampai berkali2 dok,kadang sy sempat sambil menghitung karena sering nya bersin tersebut dalam satu waktu. Ada sekitar 10 sampai 15 kali bersin,sampai pusing kepala saya dok karena gk ada henti2nya bersin tersebut. Karena seringnya kadang sy merasa jengkel Nah yg mau ditanyakan,kira2 penyebab dari apa y kok bisa bersin saya sampai berpuluh2 kali gitu? Hidung saya ada kelainan atau mungkin ada yg menyumbat atau bagaimana? Padahal kalo liat orang lain paling 1 atau 2 kali dalam satu waktu bersinnya Terimakasih untuk jawabannya

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai bersin terus menerus melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan atas keluhan Anda. Kemungkinan besar yang terjadi pada Anda disebut rinitis alergi. Rinitis alergi adalah gejala radang pada hidung yang ditandai dengan keluhan sering bersin-bersin, bisa juga mampet/ hidung tersumbat (bila yang merasakan orang dewasa). Yang memicu kambuhnya rinitis alergi biasanya saat penderita terpapar dingin, tungau debu. Dalam kasus Anda adakah pemicu 

Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi (riwayat keturunan alergi), yang sebelumnya sudah tersensitisasi atau terpapar dengan allergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan allergen yang serupa. Memang, karena faktor genetiknya yang sangat kuat, sangat mungkin diturunkan dari Anda bila memang Anda memiliki riwayat alergi.

Gejala klinis yang khas adalah terdapatnya serangan bersin yang berulang-ulang terutama pada pagi hari, atau bila terdapat kontak dengan sejumlah debu. Gejala lainnya adalah keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak.

Terapi yang dilakukan adalah :

Terapi yang paling ideal adalah dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab. 

Pengobatan, penggunaan obat antihistamin H-1 adalah obat yang sering dipakai sebagai lini pertama. Obat Kortikosteroid dipilih jika gejala utama sumbatan hidung akibat repon fase lambat tidak berhasil diatasi oleh obat lain. Dapatkanlah obat tersebut langsung dari dokter.

Jika keluhan dirasakan sangat mengganggu, kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan Anda ke dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan diketahui penyebabnya.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai bersin terus menerus. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar