Sukses

Berkumur Air Daun Sirih Dapat Membersihkan Karang Gigi ?

05 Apr 2017, 09:49 WIB
Pria, 21 tahun.

Tanya dong dok Jika berkumur dengan sirih Apakah bisa mmbersihkan karang gigi secara keseluruhan?? Walaupin karang gigi nya udah lama?

Terimakasih telah bertanya mengenai berkumur air daun sirih dapat membersihkan karang gigi, melalui fitur Tanya Dokter.

Khasiat daun sirih memang baik bagi kesehatan rongga mulut, karena daun sirih mempunyai kandungan berupa minyak atsiri, dimana zat tersebut bersifat antiseptik, antioksidan, antimikroba dan mempunyai aktivitas terhadap beberapa macam bakteri yang ada didalam mulut. Daun sirih segar mengandung banyak zat kimia diantaranya vitamin C, jodium, karbohidrat, kalsium, protein, lemak, air, tiamin, riboflafin, zat besi, kalsium, fosfor, tepung, glukosa, sukrosa, karoten dan minyak atsiri.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca

Daun Sirih untuk Radang Gusi

Kegunaan dan Manfaat Daun Sirih bagi Kesehatan

Pembersihan plak dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu mekanis dan khemis. Cara mekanis merupakan cara yang sangat efektif dalam membersihkan plak dan mencegah terjadinya keradangan. Tetapi minimnya tingkat pengetahuan masyarakat dalam menyikat gigi yang baik dan benar membuat pembersihan mekanis tidak maksimal, sehingga diperlukan juga pembersihan dengan cara khemis. Maka sebaiknya pembersihan plak dalam rongga mulut dilakukan dengan kombinasi antara menyikat gigi dan berkumur. Namun untuk plak gigi yang sudah mengeras menjadi karang gigi yang sudah menahun tidak bisa hanya melakukan sikat gigi dan berkumur saja, perlu adanya tindakan pembersihan karang gigi atau scaling yang dilakukan oleh dokter gigi. Karang gigi yang menumpuk bisa menyebabkan radang gusi sehingga gusi mudah berdarah, sampai menyebabkan bau mulut.

Kami sarankan untuk melakukan scaling atau pembersihan karang gigi pada karang gigi yang sudah lama agar anda terhindar dari risiko terjadinya radang gusi. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai berkumur air daun sirih dapat membersihkan karang gigi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar