Sukses

Kaitan Sakit Gigi Dengan Sakit Kepala

04 Apr 2017, 23:45 WIB
Pria, 45 tahun.

Kenapa dok klo skt d gigi yg brlubang d gusi jg kok ada kaitan x sakit d kepala ...solusi nya bgmn...n hrs minum obat apa yg bagus... Trimakasih dok...

Terimakasih telah bertanya tentang kaitannya sakit gigi dengan sakit kepala melalui fitur Tanya Dokter.

Sakit gigi akibat gigi berlubang yang kerusakannya sudah mencapai kamar saraf maka secara tidak langsung memang sarafnya terhubung dengan saraf Kranial ke 5 yaitu nervus Trigeminus. Dan saraf Kranial berpusat di Susunan saraf pusat yaitu di kepala. Selain itu terdapat juga suatu kondisi sakit gigi di mana tidak ditemukan penyebabnya. Hal ini dikenal dalam dunia medis dengan atypical odontalgia.

Pada kondisi atypical odontalgia, Baad-Hansen dkk. menemukan bahwa sakit gigi ini juga menimbulkan kondisi klinis lain seperti tension-type headache (sakit kepala tipe tegang) dan myofascial temporomandibular pain disorders (nyeri pada wajah).
Tension-type headache merupakan sakit kepala yang disertai kontraksi otot, kepala berdenyut, nyeri kepala sebagian, atau muntah saat serangan. Sakit kepala tipe ini juga sering disertai dengan rasa sakit atau kaku pada bagian leher, yang dapat pula menjalar ke punggung dan mata.

Sakit gigi kerap disepelekan karena dianggap penyakit yang biasa terjadi. Setelah menggunakan obat penghilang nyeri biasanya gejala akan membaik, namun perjalanan penyakitnya masih tetap berlangsung. Oleh karena itu kami sarankan selain mengobati gejalanya sakit gigi dengan obat pereda nyeri yang mengandung Asam Mefenamat atau Methampiron, perlu juga merawat gigi yang sakit tersebut sampai tuntas. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai kaitannya sakit gigi dengan sakit kepala, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar