Sukses

Haid Enam Bulan Sekali

04 Apr 2017, 22:30 WIB
Pria, 26 tahun.

saya ingin bertanya, mengapa saya kalau mentruasi selalu terlambat, bahkan sampai 6 bulan tidak menstruasi, dan saat menstrusai darah yang keluar banyak dan menggumpal, terasa nyeri di perut, akankah saya beresiko kanker? dan saya sering sekali mengalami sakit kepala? apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Tidak mengalami haid dalam dunia kedokteran dikenal sebagai amenorea. Amenorea sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus (pada kasus oligomenorea atau jumlah darah menstruasi sedikit), atau 6 siklus setelah sebelumnya mendapatkan siklus menstruasi biasa. Faktor-faktor risiko terjadinya amenore sekunder antara lain:

Aktivitas fisik yang terlalu berat (ekstrem)
Terlalu kurus (lemak tubuh kurang dari 15 – 17%). Keadaan ini mempengaruhi proses pembentukan hormon. Jika seorang perempuan mengalami kelainan makan, seperti anoreksia atau bulimia, perubahan hormonal yang disebabkan dapat berujung pada berhentinya menstruasi.
Obesitas. Adanya jaringan lemak yang berlebih pada seorang yang mengalami obesitas juga mempengaruhi proses ovulasi (pengeluaran sel telur dari indung telur).
Stress psikis. Stress dapat mempengaruhi fungsi hipotalamus sehingga menstruasi berhenti. Karena itu jika stress berkurang, menstruasi muncul kembali.
Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antipsikotik, obat kemoterapi, dan kortikosteroid oral.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mengertahui penyebab keterlambatan haid Anda. Terkait dengang nyeri perut dan darah menggumpal, pada dasarnya nyeri haid wajar terjadi akibat kontraksi otot rahim. Darah menggumpal pada haid memang wajar terjadi, namun demikian Anda patut curiga jika darah haid dialami terus menerus dan banyak. Selain itu, nyeri kepala saat haid wajar terjadi akibat perubahan hormonal saat siklus menstruasi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar