Sukses

Amankah Makan Durian saat Hamil?

04 Apr 2017, 21:59 WIB
Pria, 25 tahun.

Sya sekarang sedang mengAndung 7 bulan..waktu ngidam saya kepengen makan durian,kebetulan waktu itu lagi musim durian..jadi saya slalu makan durian..dan itu sangat sering tpi alhamdulillah kandungan saya tidak memberikan dampak apapun..yg sya ingin tanyakn..kata orang klo lg hamil makan durian,dampak sma anaknya fisik anak bakal jd i lemah,dan berpengaruh sma jantungnyA..gimana tu dokter bener ga?

Terima kasih telah bertanya seputar ngidam dan makan durian saat hamil menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Durian aman untuk dimakan oleh ibu hamil, selama dalam porsi yang tidak berlebihan. Hingga saat ini, belum ada studi yang menunjukkan konsumsi durian dapat menyebabkan efek negatif terhadap kehamilan. Namun demikian, studi yang mendukung konsumsi durian selama kehamilan hingga saat ini juga belum ada.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa keuntungan dari konsumsi durian, yang mengandung organo-sulfur dan tryptophan. Pasalnya, komponen yang terkandung dalam durian ini memiliki efek antioksidan. Selain itu, durian juga bermanfaat sebagai antimikroba, antibakteri dan antijamur, di mana manfaat tersebut menguntungkan bagi kehamilan.

Di samping itu, durian juga mengandung banyak serat sehingga baik untuk mencegah konstipasi yang sering terjadi pada kehamilan. Durian juga kaya akan besi dan mineral lain, seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Zat besi dan tembaga yang terkandung pada durian dapat membantu proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh, yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin.

Walaupun memiliki efek demikian, durian juga mengandung karbohidrat dan kadar gula yang tinggi. Dua butir durian berukuran sedang mengandung 60 kalori, sehingga durian termasuk ke dalam makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar