Sukses

Penyebab Benjolan di Ketiak

04 Apr 2017, 06:09 WIB
Wanita, 25 tahun.

Assalamualaikum dokter saya mau bertanya, perbedaan bisul pada ketiak dengan tonjolan getah bening? Ada tonjolan di ketiak disertai dengan kemerahan bundar seperti jamur, nyeri, gatal, ada mata nya seperti bisul, apakah itu bisul atau kelenjar getah bening di ketiak yang menyebabkan benjolan terjadi? terimakasih dokter,,, tidak bisa menyertakan foto nya ya disini biar lebih jelas

Terimakasih telah bertanya seputar benjolan ketiak melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Dari penjelasan singkat Anda mengenai ciri benjolan yang merah, nyeri, gatal dan memiliki 'mata' menunjukkan bahwa benjolan tersebut mengalami infeksi. Penyebab infeksi yang seperti ini bisa akibat peradangan folikel rambut ketiak (folikulitis), peradangan kelenjar keringat (hidraadenitis supurativa), atau furunkel/karbunkel (seperti jerawat). 

Kelenjar getah bening yang membesar juga biasanya nampak seperti benjolan yang dapat nyeri, namun umumnya tidak kemerahan, tidak gatal dan tidak ber'mata'.

Jika keluhan tak kunjung membaik, sebaiknya kunjungi dokter kulit untuk memastikan penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat. Kelainan kulit perlu dilihat langsung agar tidak salah diagnosis. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar benjolan ketiak. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar