Sukses

Mual Muntah Saat Haid

03 Apr 2017, 17:24 WIB
Pria, 18 tahun.

Selamat pagi dok, saya ingin tanya apa penyebab mual, muntah dan nyeri saat haid ya dok namun keluhan tersebut hanya berlangsung hingga hari ke-3 saja setelah itu hilang dengan sendirinya

Terima kasih telah bertanya mengenai mual muntah saat haid melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Perempuan seringkali merasakan berbagai sensasi menjelang, selama atau setelah masa menstruasi. Salah satu diantara sensasi tersebut adalah keluhan mual dan muntah. Ada yang mengalaminya menjelang menstruasi, yang umum disebut premenstrual syndrome (PMS), ada yang mengalaminya saat menstruasi (terutama pertengahan menstruasi), namun ada juga yang mengalaminya setelah menstruasi. Penyebabnya bervariasi, dapat terjadi akibat perubahan hormon tubuh yang pada beberapa orang dapat meningkatkan produksi asam lambung, atau berkaitan dengan nyeri menstruasi yang timbul akibat hormon prostaglandin yang juga dapat memengaruhi lambung.

Setiap individu memiliki cara yang bervariasi untuk mengatasi rasa mual. Ada yang dapat diatasi cukup dengan jahe atau mint, ada yang memerlukan konsumsi obat antimual yang dijual bebas, bahkan konsumsi obat penetralisir asam lambung (antacid).

Bagaimanapun, apabila rasa mual timbul setiap bulan di sekitar masa menstruasi dengan intensitas berat yang tidak membaik dengan salah satu cara di atas, saya sarankan sebaiknya anda segera mengunjungi dokter untuk tatalaksana yang lebih optimal. Dokter akan mencari kondisi medis lain yang mendasari keluhan mual anda, dan mencari solusi optimal untuk mengatasinya. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai mual muntah saat haid. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar