Sukses

Vertigo yang Mengganggu

03 Apr 2017, 17:22 WIB
Pria, 17 tahun.

Pagi dokter Saya berumur 17 tahun(kelas 3 sma). Saya sering sekali tiba-tiba vertigo dan sekitar sore/malam kepala saya sakit dibagiaan depan sampai ke mata. Hal ini saya alami mulai dari saya kelas 9smp setelah saya menderita tifus. Saya benar-benar terganggu karena pernah saya sedang menyebrang jalan raya tiba-tiba vertigonya kambuh. Saya pernah konsultasikan ke dokter di rs sekitar pertengahan tahun lalu dan dokter tsb bilang bahwa itu berasal dari gangguan di perut karena saya memang jarang makan. Akan tetapi sampai saat ini pun saya banyak makan tetap saja hal itu terjadi. saya diberi obat dan memang beberapa bulan vertigo dan sakit kepalanya tidak muncul. Namun sekarang hampir setiap satu minggu pasti selalu vertigo dan sakit kepala. Saya sudah minum madu setiap hari pun vertigo dan sakit kepalanya muncul. Sehabis makan pun saya juga terkadang langsung vertigo. Dan jika kelelahan sakit kepala. Apakah ada faktor lain dan bagaimana pengobatannya? Untuk analisa dokter lebih lanjut, kepala saya juga tidak pernah terbentur keras atau terkena benturan2 lainnya. Terimakasih :)

Terima kasih telah bertanya mengenai vertigo melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Vertigo dapat dirasakan hilang timbul dalam jangka waktu lama hingga tahunan jika penyebabnya belum diatasi. Oleh karena itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab dari vertigo yang Anda alami. Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo
Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo.

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT atau syaraf? Kami menyarankan Anda berobat ke dokter untuk menentukan jenis vertigo pada Anda: vertigo perifer atau sentral. Vertigo sentral melibatkan saraf otak oleh karena itu jika penyebabnya adalah vertigo sentral harus segera ditangani agar tidak menganggu kesehatan tubuh seperti risiko mudah terjatuh saat terjadi serangan atau gangguan depresi. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai vertigo. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar