Sukses

Nyeri di Testis setelah Angkat Beban Berat

04 Apr 2017, 18:16 WIB
Pria, 29 tahun.

saya habis angkat beban berat tadi sore...trus tau2 buah zakar saya nyeri,...itu kenapa ya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri pada testis menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawaitran Anda. Dari keluhan yang Anda sampaikan yaitu nyeri pada testis setelah mengangkat benda berat, bisa jadi Anda mengalami hernia. Pada fase awal, gejala hernia dapat berupa: pembesaran di daerah selangkangan atau buah zakar yang dapat hilang timbul karena usus yang turun ke daerah yang longgar di sekitar selangkangan dan daerah buah zakar, sedikit terasa nyeri.

Pada fase inkarserata (terperangkap), rasa nyeri lebih hebat, pembesaran yang terjadi menetap karena usus terperangkap, dapat terjadi mual, muntah dan gangguan BAB.

Pada fase strangulata (terpuntir), nyeri sangat hebat dan kondisi umum tubuh yang buruk.

Apakah saat ini Anda mengalami pembengkakan di sekitar selangkangan? Apakah ada penonjolan seperti benjolan yang hilang timbul di selangkangan? Apabil iya, maka kemungkinan besar Anda mengalami hernia. Apabila tidak, ada kemungkinan Anda mengalami cedera otot di sekitar selangkangan.

Untuk mengatasi keluhan yang Anda rasakan, harus diketahui terlebih dahulu penyebab dari keluhan tersebut, dan untuk itu dibutuhkan pemeriksaan fisik dan mungkin juga pemeriksaan penunjang. Hal tersebut tidak dapat kami lakukan, oleh sebab itu kami menghimbau Anda memeriksakan diri langsung ke dokter atau puskesmas terdekat.

Untuk sementara Anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri seperti asam mefenamat atau asam salisilat untuk meredakan nyeri yang Anda rasakan. Akan tetapi, untuk mengatasi penyebab Anda harus menemui dokter langsung. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar