Sukses

Cara Mengatasi Peradangan Gusi Yang Mudah Berdarah

04 Apr 2017, 15:39 WIB
Pria, 29 tahun.

Hai dok, saya mau nanya dok, untuk mengurangi peradangan pada gusi, krna saya punya gusi yang cukup sensitife kalau sikat gigi rutin itu akan mengakibatkan gusi saya berdarah, sehingga pemberisihan nya gak maksimal, kira2 solusi yang tepat untuk mengatasi gusi yang sensitife dan mendapatkan gigi putih bersih. Krna gusi yang sensitif membuat gigi saya berkarang dan berwarna kuning. Terima kasih dok

Terimakasih telah bertanya mengenai cara mengatasi peradangan gusi yang mudah berdarah melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin menjelaskan dan meluruskan suatu pemahaman yang salah, bahwa sebenarnya Gusi berdarah adalah salah satu tanda adanya peradangan pada gusi. Penyebab yang spesifik sulit ditentukan karena kemungkinannya cukup banyak, namun peradangan gusi yang dalam bahasa kedokteran disebut Gingivitis paling sering disebabkan oleh kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Penumpukan plak di permukaan gigi terutama di sekitar leher gigi dan penumpukan karang gigi, kedua hal tersebut menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri yang menyebabkan terjadinya gingivitis. Perubahan hormonal juga dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, namun utamanya terjadi pada wanita, misalnya saat sedang hamil. Selain itu Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan peradangan gusi, seperti obat anti konvulsan (epilepsi), pain killers, atau perawatan seperti kemo atau radioterapi, Trauma atau cedera, misalnya penggunaan tusuk gigi yang berlebihan atau menyikat gigi terlalu keras, Defisiensi/kekurangan zat gizi tertentu seperti vitamin K dan C, Penyakit sistemik, seperti penyakit liver, ginjal, atau diabetes dapat bermanifestasi dalam rongga mulut dalam bentuk gusi berdarah.

Jadi sebenarnya karang gigilah yang menyebabkan gusi berdarah, bukan sebaliknya. Untuk mengatasi keadaan yang anda alami kami sarankan untuk melakukan pembersihan karang gigi di dokter gigi secara rutin 6 bulan sekali. Biasanya gusi berdarah akan sembuh dalam waktu 1 minggu, sehingga andapun dapat kembali menyikat gigi dengan maksimal. Selain itu kami sarankan untuk menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut, dan menyikat gigi dengan metode Bass. 

Selain itu karang gigi juga dapat menyebabkan penurunan gusi sehingga sebagian akar gigi terbuka dan mengakibatkan gigi ngilu saat disikat juga saat minum dingin atau panas.

Periksakan keluhan anda ke dokter gigi jangan lupa untuk mengungkapkan keluhan gigi sensitive anda. Dokter gigi akan membantu untuk menemukan penyebab serta posisi gigi mana yang mengalami hipersensitifitas. Kemudian akan membuat rencana perawatan untuk mengatasi keluhan gigi sensitive anda.

Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi peradangan gusi yang mudah berdarah, Semoga dapat membantu anda. 

0 Komentar

Belum ada komentar