Sukses

Gusi Tumbuh Terpisah Akibat Pembengkakan

04 Apr 2017, 15:39 WIB
Pria, 42 tahun.

Saya mau nanya dok. Digusi rahang atas ada bagian gusi yg tumbuh terpisah. Awal tumbuhnya agak bengkak, sy minum vit c. Bengkaknya sembuh tapi muncul gusi yg tumbuhnya terpisah itu. Apakah ini berbahaya dok ?

Terimakasih telah bertanya mengenai gusi tumbuh terpisah akibat pembengkakan melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin menanyakan apakah disekitar gusi terdapat gigi geraham yang mau tumbuh atau ada gigi berlubang? Jika iya maka bisa jadi terdapat Sisa makanan yang terjebak pada daerah tersebut sulit dibersihkan, dan sela-sela antara gusi dan gigi tersebut menjadi tempat yang kondusif bagi pertumbuhan bakteri penginfeksi apalagi dengan adanya sisa makanan. Kondisi ini menyebabkan gusi meradang dan terinfeksi sehingga gusi membengkak, dapat menimbulkan bau mulut, terasa sakit saat tergigit, bahkan pada kasus berat pembengkakan ini dapat menjalar hingga ke pipi dan leher, menyebabkan pembengkakan kelenjar limfe leher, dan kesulitan membuka mulut.

Jika gusi di sekitar gigi tersebut meradang maka perlu diberikan obat anti inflamasi, antibiotik dan analgetik (pain killer) disertai dengan penjagaan oral hygiene di sekitar gusi yang bengkak. Jika perlu, dokter gigi akan melakukan flap untuk memotong gusi yang bengkak tersebut. Penggunaan obat-obatan tersebut tidak dapat dilakukan secara sembarangan, dan untuk memastikan kondisi yang sesungguhnya saya tetap menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter gigi agar dapat diperiksa secara langsung. Karena dugaan kami gusi berlebih tersebut akibat penyusutan gusi sisa pembengkakan sebelumnya. Jika gusi tersebut tidak sakit dan berwarna merah mudah seperti gusi sehat maka tidak perlu dikhawatirkan karena tidak berbahaya. Namun jika gusi berwarna kemerahan dan jika disentuh sakit maka bisa jadi suatu tanda peradangan gusi. Kami sarankan agar memeriksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan diagnosa dan rencana perawatan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai gusi tumbuh terpisah akibat pembengkakan, semoga dapat membantu Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar