Sukses

Premature Atrial Contraction

04 Apr 2017, 14:29 WIB
Pria, 25 tahun.

Doc Saya EKG dan hasil mengatakan kalau saya ada Multiple PAC. Hal tersebut menyatakan apa? Dan aapakah itu faktor yang fatal sehinggal saya tidak dapat bekerja di Perusahaan karena test kesehatan menunjukan hal demikian? Saya melamar dan dinyatakan tidak lulus. tetapi saya membaca di beberápa artikel hal tersebut wajar/normal terjadi di manusia

Terima kasih telah bertanya tentang premature atrial contraction menggunakan fitur Tanya Dokter

Premature atrial contraction (PAC) adalah salah satu bentuk aritmia (gangguan irama jantung) yang sering dijumpai. Gejala yang umumnya dikeluhkan ialah palpitasi yaitu detak jantung lebih dari norrmal (berdegup kencang), dirasa terlalu lambat, atau tidak seirama. 

PAC terjadi ketika adanya detak jantung yang terjadi lebih awal dari siklus jantung dan berasal dari atrium (ruang jantung bagian atas yang berfungsi menerima darah). Memang hal ini seringkali tidak membahayakan dan umum terjadi pada anak dan remaja. Namun, pada beberapa kasus PAC menunjukan adanya gangguan jantung yang serius dan membahayakan nyawa.

Penyebabnya dapat akibat kelebihan kafein, cemas, alkohol, pengobatan yang merangsang saraf simpatis (yang mencantumkan efek samping "deg-degan"), hingga penyakit jantung seperti aritmia, iskemia miokardium dan lain sebagainya.

Pada sebagian orang yang mengalami PAC tidak merasakan adanya gejala. Namun, bila Anda mengalami palpitasi disertai gejala i bawah ini segeralah berkonsultasi dengan dokter karena kemungkinan ada penyebab penyakit jantung yang dapat membahayaka nyawa, gejala tersebut antara lain:

  • pingsan
  • nyeri dada
  • sesak napas
  • denyut nadi saat istirahat lebih dari 100x/m
  • dsb

Mengenai tes kesehatan di sebuah perusahaan, hasilnya bergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan dan posisi yang dituju. Sehingga tidak dapat ditentukan oleh kami apakah hal tersebut sebagai salah satu penyebab tidak lulus tes pekerjaan.

Kami sarankan bila Anda mengalami premature atrial contraction, periksakanlah kondisi Anda ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah sehingga dapat diketahui pasti berbahaya atau tidaknya. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar