Sukses

Pengobatan TBC 6 Bulan, Apakah Pasti Sudah Sembuh?

04 Apr 2017, 13:19 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok apakah penyakit tbc itu bisa sembuh dalam pengobatan 6 bulan ? Kalau hasil ronsen yg terahir dari pengobatan selama 6 bulan, tertulis begini.. Cor : ukuran tidak membesar. Pulmo : masih tampak infiltrat di apex sampai bawah paru bilateral. Corakan bronkovakuler dan noda keras. Hilus kanan dan kiri normal. Sinuses dan diafragma normal. Tulang intak. Kesan : Gambaran proses spesifik lama aktif tampak perbaikan. Tidak tampak kardiomegali. Apakah itu sudah di nyatakan sembuh ? Mohon penjelasannya dok .. Terimakasih

Terima kasih Anda telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan tentang pengobatan TBC.

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer. TBC ditularkan melalu droplet/udara. Penyakit ini dapat diobati dengan gratis karena ditanggung oleh program BPJS dengan obat yangd apat diambil di rumah sakit atau puskesmas.

Gejala yang timbul pada penderita TBC paru dapat berupa batuk-batuk yang produktif > 3 minggu, batuk berdarah, sesak nafas, nyeri dada, lemah, letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi dan lain sebagainya.

Pengobatannya dengan obat anti tuberkulosis (OAT) yang diberikan secara 6 bulan dan harus diminum setiap hari secara teratur. Obat yang tidak diminum secara teratur dapat menyebabkan resistensi (kekebalan) kuman. Jika sudah terjadi resistensi, OAT tidak ampuh lagi membunuh kuman TBC dan kondisi ini akan memperparah penyakit TBC yang diderita.

Setelah selesai pengobatan 6 bulan, untuk memastikan sudah sembuh atau belum, perlu dilakukan pemeriksaan BTA pada dahak Anda. Foto rontgen tidak dapat diandalkan sebagai satu-satunya pemeriksaan untuk menentukan kesembuhan dari TBC.

Untuk memastikan kondisi Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis paru untuk evaluasi serta tatalaksana lebih lanjut.

Demikian, semoga penjelasan tentang pengobatan TBC ini bermanafat.

0 Komentar

Belum ada komentar