Sukses

Bronkitis dan TB Paru pada Anak

04 Apr 2017, 14:13 WIB
Pria, 33 tahun.

Dok,sy mau tnya,apakah kl anak suspek bronkitis itu itu positif kena flek?

Terima kasih telah bertanya seputar bronkitis dan TB paru pada anak menggunakan fitur Tanya Dokter

Apakah yang Anda maksud flek itu tb atau tuberkulosis paru? Bronkitis dan TB paru merupakan dua hal yang berbeda. Sehingga bila anak Anda mengalami bronkitis belum tentu ia mengalami infeksi tuberkulosis juga.

Bronkitis adalah suatu kondisi dimana terjadi peradangan atau infeksi pada bagian dinding dalam dari saluran pernapasan utama /bronkus. Saluran pernapasan adalah saluran yang terdapat di dalam paru-paru yang merupakan tempat aliran udara. Jika saluran pernapasan tersebut mengalami iritasi, maka akan terbentuk lendir yang tebal di dalamnya. Lendir tersebut dapat menyumbat sehingga menghalangi udara untuk mencapai paru-paru. Maka dari itu, gejala yang dapat terjadi berupa batuk berdahak yang banyak mengandung lendir, kesulitan bernapas dan dada terasa sesak. Bila keadaan ini berlangsung lebih dari 3 bulan, maka dikatakan bronkitis kronik.

Tuberkulosis paru merupakan suatu infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Gejala TBC Paru antara lain: batuk produktif (berdahak) lebih dari sama dengan 3 minggu, batuk berdarah, sesak napas, nyeri dada, lemah dan letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi.

Beda antara tuberkulosis dan bronkitis yang utama adalah gejala sistemiknya.

Memang untuk mendiagnosis TB pada bayi atau anak cukup sulit, mengingat gejalanya yang tidak spesifik. Saat ini para dokter menggunakan sitem skoring untuk mendeteksi seorang anak terkena penyakit TB. Dalam skoring tersebut nilai tertinggi bila didapatkan hasil uji tes mantoux positif ((≥10mm, atau ≥5mm pada keadaan imunokompromais/sistem imun rendah) dan adanya riwayat kontak dengan orang dewasa penderita TB aktif dan menular. Jika hasil skoring melebihi nilai normal, maka Anak harus diterapi sebagai penderita TB.

Dokter spesialis anak akan menggali informasi lainnya seperti ada tidaknya penderita TB yang tinggal serumah dengan anak, keluhan demam, batuk, pembeesaran kelenjar getah bening, benjolan pada tulang, dll. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti foto rongent dada.

Demikian informasi tentang bronkitis dan tb paru pada anak. semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar