Sukses

Madu dan Jeruk Nipis untuk Atasi Jerawat

04 Apr 2017, 12:14 WIB
Wanita, 17 tahun.

Di dahi saya seminggu yg lalu muncul jerawat pasir. Lalu saya gunakan scrub madu dan gula tetapi jerawat nya jadi seperti mengoreng (lecet) dan dahi saya jadi tambah kasar, ketika saya gunakan jeruk nipis itu jadi seperti melepuh, bahkan untuk sujud pun harus hati2 karna sakit, apakah itu tanda2 iritasi? Atau proses penyembuhan dr jeruk nipisnya saja? Bolehkah jika selesai menggunakan jeruk nipis itu d oleskan dengan madu?

Terima kasih telah bertanya tentang penggunaan madu dan jeruk nipis untuk atasi jerawat melalui fitur Tanya Dokter. 

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Obat yang dapat digunakan adalah retinoic acid, benzoil peroksida, dan antibiotik topikal/oles. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum tergantung derajat keparahan jerawat.

Cucilah muka dengan sabun muka khusus untuk jerawat atau dengan sabun bayi setidaknya 2 kali sehari, terutama setelah beraktivitas atau berkeringat. Sabun jenis apakah yang Anda gunakan selama ini?

Untuk pengobatan topikal, dapat menggunakan retinoic acid dioleskan pada malam hari setiap hari. Selain untuk mengobati komedo dan jerawat, obat ini dapat pula mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit. Awal penggunaan jerawat dapat muncul semakin banyak, kulit menjadi merah serta mengelupas, namun penggunaan obat harus tetap dilanjutkan sampai minimal 3 bulan, jika perlu seterusnya. Hindari paparan sinar matahari jika menggunakan obat tersebut atau gunakan sunblock dengan SPF minimal 30. Namun memilih sunblock juga harus berhati-hati karena sebagian besar dapat memicu munculnya komedo lebih banyak, pilihlah sunblock dan semua produk perawatan kulit yang berlabel non-comedogenic. Pada jerawat yang berukuran besar dan meradang dapat diberikan suntik kortikosteroid. Semua terapi ini harus atas indikasi dan berada di bawah pengawasan Dokter. Hingga saat ini belum ada penelitiannya di bidang medis yang membuktikkan bahwa masker jeruk nipis dapat meredakan jerawat. Justru ditakutkan jeruk nipis yang tidak higienis dapat menyebabkan peradangan jerawat bertambah. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar