Sukses

Apakah Infiltrat/Bercak Paru Dapat Hilang?

04 Apr 2017, 10:11 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok.. Saya mau bertanya.. Maaf kalau terlalu panjang.... .setahun yang lalu saya melakukan rontgen...lalu ditemukan infiltrat di bagian kiri paru2 saya..walau saya tidak megalami batuk yg berlebih... Dokter meminta cek darah dan dahak.. Dan hasil keduanya negatif TB...setelah itu saya diminta minum obat selama 6 bulan... Setelah 6 bulan...saya melakukan rontgen lagi.. .dan hasilnya memang lebih bagus dari Sebelumnya walau masih nampak infiltrat..lalu dokter tidak meminta minum obat Karena sudah bisa dibilang sembuh.. .. Dan hanya pebaikan gizi makanan.. Beberapa bulan kemudian saya diterima di sebuah perusaahan.. .dan sebulan yang lalu perusahaan mengadakan medical cek up karyawan massal.. .dan setelah di rontgen...saya diberi tahu Bahwa ada infiltrat di paru2 saya.. .pertanyaan saya 1.apakah metode pengobatan saya yang sebelumnya salah? 2.apakah infiltat tersebut berbahaya walau saya tidak mengalami batuk yang berlebihan selama ini? 3.bagaimana menghilangkan infiltrat yg ada di paru2 saya? Karena sya mendengar bahwa flek yg sudah diobati akan meninggalkan bekas.... Terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang menghilangkan infiltrat atau bercak paru melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Perlu diketahui, untuk penegakan diagnosis TB dilakukan beberapa modalitas, dua di antaranya yang paling umum adalah periksa dahak dan rontgen. Apabila kedua pemeriksaan tersebut menunjukkan hasil yang positif, sekalipun gejala klinis tidak terlalu menonjol, berdasarkan panduan dan pedoman terapi tuberkulosis, maka pasien tetap diterapi dengan pengobatan TB. 

Setelah pengobatan, dokter akan mengulang pemeriksaan untuk evaluasi respon pengobatan. Apabila Anda telah dinyatakan sembuh pada pengobatan sebelumnya dan tidak dianjurkan untuk melanjutkan pengobatan, maka artinya Anda memang sudah sembuh. 

Mengenai pertanyaan Anda saat ini masih ada infiltrat terdapat beberapa kemungkinan. Bercak paru/infiltrat dapat hilang sama sekali, tetapi dapat juga tetap ada di paru sekalipun secara klinis sudah sembuh. Kemungkinan yang kedua adalah TB yang kambuh kembali. Apabila kambuh, maka akan muncul gejala klinis kembali, disertai penambahan infiltrat/bercak paru dan pemeriksaan dahak menunjukkan hasil positif. Untuk memastikan hal ini, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter yang sebelumnya pernah memeriksa dan merawat Anda, agar jelas perjalanan penyakitnya. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar