Sukses

Kantung Gestasi Kecil, Apakah Hamil?

04 Apr 2017, 10:11 WIB
Wanita, 27 tahun.

Ijin bertanya dok, HPHT saya 25 Februari 2017 Saat telat 3 hari saya test pack positif Tggl 1 April (kehamilan 5week) saya coba USG, Hasilnya GS hanya 0.44 cm Kata dokter dia tidak yakin karena kecil. Tunggu smggu lagi untuk USG ulang. Apakah memang trrlu kecil dok? Apa penyebab/kemungkinannnya? AP yg usha yg perlu saya lakukan untuk memperbesar ukuran GS, terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang kantung gestasi kecil dan kehamilan melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Perlu diketahui mengenai tanda pasti kehamilan (obyektif) yaitu:

  • terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Dengan USG umumnya sudah bisa dilihat adanya kantung kehamilan/kantung gestasi  ('gestational sac') di rongga rahim berupa gambaran bulat hitam berbatas tegas. Diameter kantung kehamilan besarnya tergantung usia hamil. Sedangkan bakal janin ('fetal echo') di dalam kantung kehamilan belum tampak. Biasanya baru tampak pada usia hamil di atas 6 minggu.

Pada usia hamil 4-5 minggu kadang-kadang juga sudah tampak bulatan hitam menyerupai kantung kehamilan tetapi masih sangat kecil, terutama jika siklus haid yang lebih dari 28 minggu. Mungkin kantung kehamilan yang masih kecil ini belum tampak dalam pemeriksaan USG. Sebaiknya ulang sekitar 2-4 minggu setelah USG pertama untuk memantau perkembangan kehamilannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kantung gestasi kecil. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar