Sukses

Berbagai Solusi Pterigyum

04 Apr 2017, 11:04 WIB
Pria, 16 tahun.

dok saya terkena penyakit mata sejak usia 7 tahun sampai sekarang belum sembuh juga. di mata bagian putih itu berwarna merah kecoklatan dan menurut saya setelah saya browsing persis seperti penyakit pterigium/lemak mata. saya sudah ke dokter spesialis mata tapi belum juga sembuh. dan sekarang tambah parah. menurut dokter saya harus beli obat apa? thx dok mohon dijawab

Terima kasih telah bertanya mengenai pterydium menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pterygium adalah suatu penyakit mata di mana terjadi pertumbuhan jaringan ikat berbentuk selaput tipis dari jaringan bagian putih mata dan mengalami pembesaran ke arah kornea atau ke arah bagian tengah mata. Secara umum, pterygium tidak tumbuh secara cepat namun kelainan yang dapat terjadi adalah menutup jalur penglihatan.

Penyebab pterygium sampai kini belum begitu jelas. Namun beberapa ahli melakukan penelitian, secara statistik pterygium banyak diderita oleh orang yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, sering terpapar sinar matahari, angin, dan debu. Penyakit ini banyak dijumpai di daerah tropis. Debu, pasir, dan partikel yang terbawa angin diyakini dapat menjadi faktor resiko. Selain itu zat iritan, faktor keturunan, alergi, mata kering, infeksi papilomavirus, dan faktor pembuluh darah juga dapat menjadi faktor resiko.

Gejala penyakit ini adalah :

Pertumbuhan jaringan ikat berwarna putih atau merah dari bagian sudut mata atau luar mata yang menonjol.
Dapat terjadi pada satu atau kedua mata.
Mata merah
Mata kering atau berair
Terasa seperti ada yang mengganjal di mata
Gangguan penglihatan
Hingga saat ini pengobatan yang biasa dilakukan bila pterygium tidak menutupi penglihatan mata adalah dengan obat tetes air mata buatan. Obat ini berfungsi untuk menjaga mata tetap kering sehingga gejala - gejala dapat diatasi. Pada kasus pterygium yang sudah sampai menutupi jalur penglihatan, perlu dilakukan pembedahan. Pada pembedahan ini bius yang digunakan adalah bius lokal sehingga relatif aman. Pembiusan akan dilakukan pada bagian jaringan ikat yang tumbuh dan dihilangkan. Setelah operasi, kebersihan dan kepatuhan obat perlu dijaga agar tidak terjadi infeksi.

Kami menyarankan anda untuk mengkonsultasikan keluhan anda ke dokter spesialis mata, agar anda mendapat terapi yang tepat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar