Sukses

Susu Formula atau UHT?

04 Apr 2017, 10:11 WIB
Pria, 21 tahun.

Sore dokter...dok anak saya kan td nya minum sufor nah trus sya ganti ke susu uht ... Sbnernya bgusan mna ya dok sufor sma uht ? Ada yg bilang uht itu ga bagus buat anak ...eferk nya nanti umur 40an" ktanya gtu ...bner ga sih dok ? Sya jd bingung dok ? Mohon jawaban nya ...trimakasih 😊

Terima kasih telah bertanya tentang memilih susu formula dan UHT melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya kami masih memerlukan beberapa informasi terkait keluhan Anda. Berapakah usia anak Anda sekarang? Mengapa Anda mengganti susu formula dengan UHT, apakah atas saran dari dokter? 

Setelah anak berusia 1 tahun, susu pada dasarnya adalah pelengkap/makanan tambahan. Makanan pokoknya adalah makanan keluarga dengan tekstur yang lebih lunak dan tidak berbumbu tajam.

Mengenai susu formula, ide awalnya membuat susu bubuk formula bagi bayi adalah membuat pengganti ASI dengan komposisi yang sedapat mungkin menyerupai ASI, walaupun tidak akan pernah sama dengan ASI. Bahan dasarnya adalah dari susu sapi. Namun, bayi di bawah satu tahun belum dapat mencerna susu sapi segar dengan kadar lemak yang tinggi. Karena itu, bahan dasar susu formula adalah susu skim yang ditambahkan dengan lemak nabati. Kadar vitamin dalam susu skim sangat rendah, ditambah dengan proses pengeringan susu menjadi bubuk yang semakin menurunkan kadar vitamin tersebut. Karena itu, susu formula memerlukan tambahan vitamin dari luar.

Sedangkan susu segar pasteurisasi maupun UHT, kandungan nutrisinya sebagian besar masih sama dengan kandungan aslinya, yaitu susu sapi cair. Oleh karena itu, susu segar atau susu UHT tidak cocok untuk anak usia di bawah 1 tahun. Pencernaannya belum siap.

Apabila jumlah dan kualitas makan anak Anda normal, ditandai dengan kenaikan berat badan sesuai usia dan status gizi yang baik, tidak masalah bila Anda memberikan susu segar atau UHT setelah ia berusia 1 tahun. Konsumsi 2 gelas susu sehari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi di samping makanan utamanya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai susu formula dan UHT. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar