Sukses

Penyembuhan Pasca Operasi

04 Apr 2017, 11:05 WIB
Pria, 22 tahun.

Siang dok, saya mau bertanya. Saya operasi laparaskopi 3 minggu yang lalu. Saya operasi untuk angkat kista ovarium tapi di tengah operasi dokter temukan peradangan di usus buntu jadi itu diangkat sekalian. Saya masih merasa tidak enak badan. Saya rasa seperti mau demam, pengen mual, sakit kepala, tidak bisa tidur nyenak, dan rasa nyeri dekat jahitan2. Beberapa hari yang lalu saya periksa di RS dan hasil USG baik - kista ovarium saya sudah tidak ada dan tidak ada masalah yang ditemukan. Apakah ini biasa kalau saya masih merasa begini? Saya merasa badan saya lemah dan belum bisa beraktivitas seperti sebelumnya. Tolong ya dok. Terima kasih sebelumnya.

Terima kasih telah bertanya tentang penyembuhan operasi menggunakan fitur tanya dokter dari Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah ada gejala gangguan buang air besar? Nyeri perut? Jika Anda merasa tidak nyaman, maka kondisi perut Anda perlu dievaluasi. Luka operasi memang perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka yang diperlukan setelah operasi bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka operasi, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein (seperti pada putih telur dan ikan gabus), vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembap yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru.

Kami tidak menyarankan penggunaan obat-obatan yang tidak dikonsultasikan langsung dengan dokter yang merawat Anda. Kami rekomendasikan agar Anda mendiskusikan penggunaan obat tersebut dengan dokter yang merawat Anda. Semoga Anda lekas pulih.

Berikut kami lampirkan artikel yang dapat menambah wawasan Anda tentang "Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka".

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar