Sukses

Penyebab Berat Badan Naik

04 Apr 2017, 08:53 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, saya mau nanya berat badan saya naik drastis dalam 1 minggu -+ 5 kg dari 44 kg ke 49 kg padahal saya makan seperti biasa , kebetulan 1 minggu itu saya dalam masa ospek jadi aktifitas saya lebih banyak seminggu itu, juga leher saya tampak bengkak bagian depan , saya pernah cek darah katanya tiroid saya masih normal, tapi leher saya masih saja tampak besar , mohon jawabannya dok

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab berat badan naik melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelum menjawab pertanyaan, ada baiknya Anda menghitung apakah Anda memiliki berat badan ideal atau tidak melalui fitur Health Tools kami Kalkulator BMI

Kenaikan berat badan kerap kali menimbulkan keresahan, apalagi bila sedang dalam program penurunan berat badan. Terdapat beberapa hal yang dapat meningkatkan berat badan:

  • Faktor Genetik. Genetik merupakan faktor penyebab peningkatan berat badan yang tidak dapat diubah atau dihilangkan. Bila orang tua Anda mengalami peningkatan berat badan, maka Anda pun berisiko mengalami hal yang sama. 
  • Perubahan hormon. Ketidakseimbangan hormon dapat mempengaruhi berat badan. hal ini biasanya terjadi pada wanit terkait dengan hormon estrogen. 
  • Konsumsi garam. Garam dapat menahan air di dalam tubuh sehingga meningkatkan berat badan.
  • Konsumsi obat. Terdapat obat-obat tertentu yang dapat meningkatkan berat badan, seperti antihistamin, obat steroid, obat psikiatri, dan obat diabetes. 
  • Penyakit. Penyakit tertentu seperti hipotiroidisme dapat meningkatkan berat badan. Selan itu sindrom cushing juga berhubungan dengan peningkatan berat badan. 
  • Kurang tidur. Kurang istirahat dapat meningkatkan produksi hormon yang merangsang nafsu makan sehingga akan merasa lapar terus. 
  • Stres dan depresi. Stres secara tidak langsung dapat memicu peningkatan berat badan. Saat stress tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat membuat muda lapar sehingga akan berhubungan dengan peningkatan berat badan. 

Langkah Anda untuk memeriksakan diri ke dokter sudah tepat. Apabila pemeriksaan tiroid normal, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kemungkinan kenaikan berat badan Anda berhubungan dengan faktor stress. Akan tetapi, bila benjolan di leher dirasa semakin membesar, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter kembali. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar