Sukses

Mengatasi Cegukan

04 Apr 2017, 09:03 WIB
Pria, 50 tahun.

Dok saya mau tanya: saya cegukan udah 2 hri,sya periksa ke dokter dan diberi ranitidin dan lanzo,tpi cegukannya blum jga hilang bgm saya mengatasinya dok ini sangat mengganggu dan membuat saya tidak nyaman jga gak bisa tidut,tlg bagaimana solusinya dok terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang mengatasi cegukan menggunakan Tanya Dokter

Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Cegukan umumnya akan menghilang dengan sendirinya. Cegukan seringkali terjadi karena makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan minuman beralkohol, atau gangguan keseimbangan elektrolit. Cegukan juga dapat terjadi karena gangguan medis lainnya.

Untuk menghentikan kecegukan bisa dilakukan tindakan berikut:

Menahan napas, karena dengan menahan nafas maka kadar karbondioksida di dalam darah meningkat, sehingga kecegukan berhenti.
Bernapas di dalam kantong kertas.
Cobalah hindari penyebab umum cegukan, dan lakukan tips untuk menghentikan cegukan di atas. Jika setelah dilakukan tidak ada perubahan, sebaiknya Bapak mengkonsultasikan hal ini lebih lanjut dengan dokter untuk dicari penyebabnya.

 

Demikian penjelasan mengatasi cegukan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar