Sukses

Tidak Haid Karena Rahim Kecil

04 Apr 2017, 08:53 WIB
Wanita, 18 tahun.

Kenapa saya tidak bisa haid di karena kan rahim saya berukuran terlalu kecil tolong solusinya

Terima kasih telah bertanya tentang tidak haid karena rahim kecil melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Berapakah ukuran rahim Anda saat diperiksa dokter? Apakah saat ini Anda masih mengalami haid atau belum pernah haid?

Ada beberapa kelainan dari rahim yang paling sering terjadi yaitu :

  • Agenesis : Pada keadaan ini dapat ada rahim atau tidak terdapat rahim sama sekali. Keadaan ini sangat jarang terjadi, ditandai dengan tidak adanya haid, pada keadaan ini tidak dapat terjadi kehamilan.
  • Uterus didelphys : Pada keadaan ini seperti terdapat dua rahim, dan dapat juga terbentuk dua vagina. Pada keadaan ini masih dapat terjadi kehamilan
  • Unicornuate Uterus : Pada keadaan ini hanya terdapat setengah rahim, sehingga hanya terdapat pula 1 tuba falopi, pada keadaan ini masih dapat terjadi kehamilan namun angka kegugurannya tingii.
  • Bicornuate Uterus : Pada keadaan ini terdapat sebuah pembatas rahim yang terdapat pada rahim bagian atas, keadaan ini tidak berpengaruh terhadap fertilitas namun angka kegugurannya tinggi.
  • Septate Uterus : Pada keadaan ini terbentuk pembatas pada dalam rahim sehingga sulit terjadi kehamilan.
  • Arcuate Uterus : Pada keadaan ini seperti terdapat lekukan di atas rahim dan tidak berpengaruh terhadap kehamilan.

Bagaimana dengan keadaan Anda? Kami tidak dapat mendiganosa keadaan Anda karena tidak terdapat penjelasan diagnosa USG yang tepat. Bila memang kelainan Anda bukan salah satu dari yang diatas maka kemungkinan hanya terdapat kelainan sedikit pada rahim Anda. Untuk penanganannya perlu pemeriksaan menyeluruh oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan karena terkait dengan penyebab kecilnya rahim tersebut. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar