Sukses

Pengobatan Kolesterol Tinggi

04 Apr 2017, 04:25 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok ap benar obat simvastatin harus dmnum seumur hdup karena tdi saya cek d rs pke jari 262 pdhl 2 minggu kmaren msi 209 dn bulan lalu msi 179 tp knp cpet naik y dok pdhl sya mkn buah dn sayur tiap hari tdk mkn telur cumi udang ..gorengan dbatasi

Terima kasih telah bertanya tentang pengobatan kolesterol tinggi menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kolesterol tinggi banyak diderita oleh penduduk perkotaan. Pola makan berlemak, gaya hidup tidak sehat, kesibukan kerja, banyak menyumbang peranan di dalam peningkatan kolesterol. Penyebab kolesterol tinggi sebenarnya adalah pola makan berlebihan, dalam hal ini terutama yang mengandung lemak jenuh seperti daging, susu, keju, mentega, dan kuning telur.

Selain itu, kolesterol tinggi dapat diturunkan secara genetik, disebut familial hypercholesterolemia. Selain itu, semakin tua usia seseorang maka kolesterol LDL (kolesterol jahat) cenderung meningkat terutama pada wanita menopause. Jadi, tidak semata-mata hanya makan daging saja yang dapat menyebabkan peningkatan kolesterol. Selain jenis makanan lain, juga gaya hidup yang kurang olahraga dapat menjadi penyebabnya.

Untuk menurunkan kadar LDL dan kolesterol total dapat dilakukan dengan metode sederhana:
1. Mengubah pola makan dengan mengurangi makanan tinggi lemak jenuh
2. Menurunkan berat badan karena overweight dapat menyebabkan peningkatan LDL, berkurangnya HDL, dan peningkatan kadar kolesterol total
3. Berolahraga
4. Hentikan merokok

Bila diperlukan, dokter akan memberikan obat untuk menurunkan kolesterol. Salah satunya adalah simvastatin yang telah Anda sebutkan. Lama mengkonsumsi simvastatin tergantung penyebab kolesterol tinggi yang Annda alami. Bila kolesterol tinggi hanya karena pola makan tidak baik, simvastatin hanya dikonsumsi sementara waktu sambil diet dilakukan. Namun bila kolesterol tinggi karena penuaan atau genetic, simvastatin umumnya dikonsumsi jangka panjang, bahkan seumur hidup.

Untuk informasi lebih detil tentang pengobatan, kami sarankan Anda mendiskusikannya dengan dokter yang memberikan obat tersebut pada Anda.

Demikian, semoga informasi tentang pengobatan kolesterol tinggi ini bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar