Sukses

Penyebab Pilek Dan Nyeri Tenggorokan

04 Apr 2017, 04:25 WIB
Pria, 20 tahun.

Gejala penyakit yg saya rasakan demam naik turun, pada malam hari panas bgt, pada pagi - siang turun bgt. Kaki juga panas. Sering batuk, tenggorokan agak gatal. Kepala tidak pusing, selera makan tidak berkurang. Badan saya juga tidak lemas. Kira2 gejala penyakit apa ya dok ? Ini udah saya alami 2 hari

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk bertanya mengenai batuk dan nyeri tenggorokan.

Keluhan batuk, nyeri tenggorokan disertai pusing atau demam sebenarnya perlu dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu Selesma (Common Cold) dan Influenza. Yang pertama lebih ringan daripada yang kedua. Keduanya meskipun memiliki gejala yang hampir sama namun merupakan penyakit yang berbeda.

Keduanya disebabkan oleh virus dan ditularkan lewat udara atau kontak langsung lewat droplet saat seseorang bersin, batuk, pilek.

Selesma (Common Cold) merupakan batuk pilek yang sering terjadi dan biasanya disebabkan oleh Rhinovirus atau Cold virus lainnya yang jumlahnya ratusan. Penyakit ini termasuk ringan. Biasanya gejalanya adalah batuk, pilek, hidung tersumbat, bersin, dapat disertai demam ringan atau tidak. Penyakit ini biasanya dapat sembuh sendiri dan tidak berlangsung lama. Istirahat dan asupan cairan yang cukup serta makanan bergizi dapat mempercepat terjadinya penyembuhan.

Sementara itu, Influenza merupakan batuk pilek yang lebih berat. Batuk dan pilek terjadi lebih lama, disertai dengan demam tinggi dan pegal-pegal atau rasa lemas pada otot. Penyakit ini membutuhkan pengobatan lebih khusus dan terkadang perlu untuk dirawat.

Cold virus maupun virus influenza ada di sekitar kita, sehingga infeksi sangat mudah terjadi bila daya tahan tubuh menurun. Di sinilah, faktor seperti kehujanan, naik sepeda motor tanpa jaket, berenang terlalu lama, kurang tidur, kecapekan, kedinginan dan lainnya berperan. Ketika daya tahan tubuh kita kurang baik karena istirahat yang kurang, asupan nutrisi kurang seimbang dan kurang olahraga, maka faktor-faktor di atas dapat memperberat infeksi virus yang telah terjadi atau mempermudah terjadinya infeksi.

penyakit Selesma dapat diatasi sendiri dengan pengobatan rumah atau pengobatan bebas untuk mengatasi keluhan. Istirahat dan cairan yang cukup, konsumsi nutrisi bergizi seimbang, sayur serta buah-buahan dapat membantu mempercepat pemulihan. Namun, jika keluhan tidak dapat diatasi sendiri dalam 2-3 hari sebaiknya segera mengunjungi dokter.

Demikian. Semoga informasi tentang pilek dan nyeri tenggorokan ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar