Sukses

Apakah Kanker Menular?

03 Apr 2017, 23:18 WIB
Wanita, 16 tahun.

Halo, dokter. Ibu saya merupakan penderita kanker payudara stadium 2, dan saat ini sedang melakukan kemoterapi. Banyak spekulasi yang saya dengar, bahwasanya, pasien kemoterapi dapat menularkan kankernya. Apakah itu benar, dok? Juga, apakah buah apel dan teh biasa diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker? Terimakasih, dokter! Salam sejahtera :)

Terima kasih telah bertanya tentang kanker dan kemungkinan penularannya melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya ijinkan kami menjelaskan mengenai kanker. Tumor ganas atau kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang tumbuh cepat yang dapat menyerang seluruh bagian tubuh. Sel kanker dapat lepas dari sel kanker asal (primary cancer atau kanker primer) melalui aliran darah atau saluran limfatik (getah bening) dan menyebar ke bagian tubuh lain. Apabila sel tersebut mencapai bagian lain (menyebar) dan berkembang membentuk tumor baru di bagian tubuh yang lain, disebut tumor sekunder (secondary tumor) atau metastasis.

Apa penyebabnya?

  • Genetik (riwayat keluarga dengan kanker)
  • Faktor gaya hidup: merokok, alkohol, makanan tidak sehat, aktifitas fisik kurang
  • Infeksi tertentu
  • Paparan lingkungan : radiasi, polusi udara, paparan zat kimia, sinar matahari

Apakah kanker menular?

Kanker, termasuk kanker payudara, bukanlah penyakit menular, jadi Anda tidak perlu khawatir. Beberapa contoh penyakit menular adalah tuberkulosis (TBC) paru, infeksi menular seksual (HIV/AIDS, gonorea, sifilis) dan sebagainya. Penyakit menular biasanya merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. 

Mengenai konsumsi apel dan teh untuk penderita kanker, memang apel dan teh khususnya teh hijau dipercaya dapat mencegah dan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Hal ini dikarenakan adanya kandungan polifenol pada bahan makanan dan minuman tersebut. Polifenol dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker sehingga menghambat progresivitas penyakit. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efek pastinya. Sejauh ini, tidak ada masalah untuk konsumsi apel dan teh bila Anda mengalami kanker selama yang dikonsumsi masih dalam kadar wajar dan tidak untuk menggantikan kemoterapi yang sedang Anda jalani. 

Demikian informasi mengenai kanker yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar