Sukses

Tahapan Perkembangan Anak 7 Bulan

03 Apr 2017, 21:59 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok,bayi saya usia 7 minggu, Berdasar artikel yg saya baca usia 7 minggu bayi sudah bisa melakukan kontak mata dan membalas senyum. Tp bayi saya jarang sekali kontak mata Dok,hanya sesekali dia memperhatikan yg mengajak dia berbicara dan kadang tersenyum,itupun dr jarak lebih dari 30 cm..kalau dari dekat kurang mau mereapond,saat menyusu pun dia tidak melihat saya kalau saya ajak bicara. Dia lebih sering melihat ke 1 titik (samping atau atas) dan entah apa,dan kadang tersenyum sendiri.. Saat diberi benda berwarna cerahpun dia tidak mengikuti pergerakan benda tsb. Kira2 bayi saya hanya mengalami keterlambtan perkembangan atau apa ya dok?

Terimakasih Anda telah bertanya tentang perkembangan anak menggunakan fitur tanya dokter dari  Klikdokter

Perkembangan setiap anak sangatlah bersifat individual. Jadi perkmebangan anak A belum tentu sama dengan anak B. Perkembangan ini dipengaruhi oleh faktor lingkungan (stimulasi) dan juga gizi. Meskipun demikian faktor kematangan fisik anak juga berpengaruh, misalkan anak prematur perkembangannya cenderung lebih lambat dibandingkan dengan anak cukup bulan.

Aktivitas bayi pada masa usia 7 bulan tentunya mulai merepotkan Anda, karena anak sudah mampu melakukan aktivitas-aktivitasnya secara mandiri. Selain menendang, menggenggam, dan menaikkan kepalanya, Anda akan melihat si Kecil mulai merangkak ke tempat-tempat yang membuatnya tertarik. Oleh karena itu, wajib bagi Bunda untuk selalu mendampingi dan memantau si kecil, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Anak Anda mungkin sudah dapat duduk walaupun dengan bantuan, badannya yang condong memang akibat otot-otot tubuh yang belum dapat menopang badan sepenuhnya. Ada baiknya kondisi duduk jangan dipaksakan, namun jika Anak Anda sudah dapat duduk dengan sendirinya yang perlu Anda lakukan ialah mengawasi anak dan pastikan ia senantiasa diletakkan pada alas yang lunak sebab jika ia merasa belum lelah anak akan menjatuhkan badannya.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar