Sukses

Bagaimana Pertambahan Berat Badan Selama Kehamilan

03 Apr 2017, 21:40 WIB
Pria, 21 tahun.

selamat siang dok .... saya mau tanya.. sekarang kehamilanku sudah 6 minggu dan seminggu yang lalu berat badan saya 46kg dan sekarang menjadi 43.9kg apakah gpp dok bagi janinnya?? karna akhir-akhir ini saya sering mual dan muntah dok apalagi kalau liat nasi ... ditunggu tanggapannya ya dok .. terimakasih.

Terima kasih telah bertanya tentang perkembangan kehamilan menggunakan fitur tanya dokter dari klikdokter.

Pada 3 bulan pertama, kenaikan berat badan akan berkisar 1 - 2,5 kg. Nafsu makan akibat mual dan muntah akan kembali pada trimester kedua dan selanjutnya kenaikan berat badan akan berkisar 0,5 kg/minggu.

Ibu pada saat ini sebaiknya memilih makanan yang bergizi seperti sayuran, gandum, dan ikan. Nutrisi yang baik sangat berpengaruh di dalam perkembangan otak dan tubuh janin. Seharusnya memang kenaikan berat badan ibu menurut aturan adalah 2 kg dalam 1 bulan. Mungkin yang menyebabkan kenaikan berat badan tidak terlalu banyak adalah karena nafsu makan ibu yang berkurang.

Tingkatkanlah lagi makan makanan yang bergizi, karena harap ibu ingat bahwa saat ini ibu makan bukan hanya untuk ibu sendiri namun juga untuk bayi yang ibu kandung.

Apabila ibu hanya sakit infeksi virus biasa dan dapat hilang dengan istirahat dan makan makanan bernutrisi tinggi maka tidak akan ada pengaruhnya pada janin. Yang perlu diawasi adalah tekanan darah ibu. Setiap kontrol memang sebaiknya diukur untuk mengetahui apakah terdapat preeklampsia atau tekanan darah tinggi dalam kehamilan.

Ibu dapat menggunakan fitur Kalender Kehamilan yang terdapat di halaman depan kami dan juga ibu dapat menggunakan informasi yang terdapat di Rubrik kebidanan dan Kandungan untuk mengetahui informasi mengenai kehamilan.

Sekian, semoga membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar