Sukses

Bercak Putih pada Kulit

03 Apr 2017, 17:26 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok mau tanya ,saya ad penyakit kulit bercak putih di sikut tangan , awalnya setahun yg lalu cuma bulat kecil saya kira cma panu saya boarin trus hilang , tiba" muncul lagi dan puncaknya sekarang gak mau hilang dan makin besar kalo basah warna kulitnya agak pink dan pinggiran yg ngelupas wrna hitam , kalo kering dia kasar pinggiran ngelupas, di sekitarnya ad anak"nya juga ,dia bercak putih kasar terkelupas awalnya gatal waktu mau muncul kalo udah muncul gak gatal lagi, semakin hari malah timbul d tempat lain seperti kaki, paha belakang , dan betis kecil" , kira" knp ya dok berbahaya kah ? trus obatnya apa, saya udh cba pakai kalpanax tapi gak hilang saya,apa ini vitiligo mohon jawabanya dok tri

Terima kasih telah bertanya mengenai bercak putih pada kulit melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Bercak keputihan yang Anda sebutkan di dalam dunia medis disebut dengan bercak hipopigmentasi. Hipopigmentasi adalah hilangnya / berkurangnya warna kulit. Hal ini disebabkan berkurangnya sel melanosit di kulit akibat dari berkurangnya asam amino tirosin yang digunakan melanosit untuk membuat melanin atau sel pigmentasi (pewarna kulit). Hipopigmentasi dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :

  • hipopigmentasi pasca peradangan/luka di kulit
  • pitiriasis versikolor atau dikenal dengan panu
  • vitiligo
  • albino
  • lepra
  • pitiriasis alba

Karena banyaknya kemungkinan penyebab terjadinya hipopigmentasi, kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter kulit untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung agar dapat diketahui penyebabnya. Dengan demikian, dokter dapat memberikan pengobatan sesuai penyebabnya. Penyakit kulit akan lebih mudah didiagnosis apabila dilihat secara langsung karena perlu diketahui lokasi tepatnya, ukuran dan lainnya. Penggunaan salep secara sembarangan tanpa mengetahui penyebabnya tidak akan memberikan hasil yang efektif. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai bercak putih pada kulit. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar