Sukses

Kulit Kasar dan Bersisik

03 Apr 2017, 09:18 WIB
Pria, 26 tahun.

Sejak 3 thun yng lalu kulitku mulai teresa ksar n klau knah sabun kaya bersidik dan sda melebar di seluru tubu klau brrkeringat terasa gatal dan 5 blan ynv lalu sda perna periksa di dokter kulit tpi tdk ada perubahan

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya tentang kulit kasar dan bersisik melalui fitur Tanya Dokter.

Seeuai dengan gejala yang Anda sebutkan, kemungkinan kulit Anda memiliki potensi atopi. Dermatitis atopik adalah suatu dermatitis( preadangan kulit) yang bersifat lama dan terus berulang yang dapat terjadi pada bayi, anak dan dewasa dengan riwayat atopi pada penderita atau keluarga. Riwayat atopi pada keluarga, seperti asma, rinitis alergika (sering bersin, hidung meler atau tersumbat yang disebabkan oleh alergi) , urtikaria ( biduran).

Gejala dermatitis atopik dapat bervariasi pada setiap orang. Gejala yang paling umum adalah kulit tampak kering, bersisik dan gatal. Gatal merupakan gejala yang paling penting pada dermatitis atopik. Garukan atau gosokan sebagai reaksi terhadap rasa gatal menyebabkan iritasi pada kulit, menambah peradangan, dan juga akan meningkatkan rasa gatal.

Kulit kering dan bersisik membuat kulit lebih sensitif sehingga lebih mudah terangsang. Salah satu penyebab dikarenakan berkurangnya sawar pelindung kulit pada kulit dengan atopi. Beberapa hal berikut dapat mengurangi gejala :

Hindari pemakaian pakaian dan selimut yang berbahan iritatif seperti wool

Hindari menggosok permukaan kulit berlebihan ketika mandi karena akan mengurangi lapisan sawar pelindung kulit

Kurangi frekuensi mandi dengan air hangat karena akan mengurangi lapisan sawar pelindung kulit

Gunakan pelembab untuk kulit sensitif

Hindari pemakaian pakaian yang terlalu sempit dan ketat

Jaga kebersihan seperti cuci sprei dan handuk secara rutin

Jika keluhan tidak membaik atau memberat, anda dapat berkonsultasi ulang  dengan dokter spesialis kulit kelamin, untuk membahas obat pengganti bagi kulit Anda (bila yang sebelumnya tidak memberikan perubahan)
Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai kulit kasar dan bersisik, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar