Sukses

Benjolan Bibir Vagina, Apa penyebabnya?

03 Apr 2017, 08:35 WIB
Wanita, 21 tahun.

Assalamu'alaikum... Dok... Ini ada teman saya mau tanya, dia ada kayak benjolan di bibir vaginanya, sebelah kiri. Katanya sekilas nampak warna agak putih pada kulit di benjolan. Dan besarnya kurang lebih, sebesar kacang (kacang coklat yg di goreng), kalau di sentuh agak perih, tapi empuk. Seperti ada cairan di dalamnya. terasa gatal juga katanya... Dia belum menikah juga... Dia udah browsing, dan dia menduga itu penyakit kista, tapi belum terlalu yakin. Dia sudah saya suruh untuk konsultasi langsung sama dokter, ketemu. Tapi dia malu dok.. Dia bingung itu kenapa dan penyembuhannya seperti apa... Di tunggu balasannya dok.. Terimakasih atas perhatiannya, Wassalamu'alaikum...

Terima kasih telah bertanya mengenai benjolan bibir vagina melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina, seperti:

  • Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  • Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  • Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  • Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  • Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin
  • Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

Melihat banyaknya kemungkinan penyebab, akan sangat sulit menentukan penyebabnya tanpa pemeriksaan langsung oleh dokter. Bisa dipahami jika teman anda merasa malu, namun pemeriksaan langsung memang diperlukan. Jika merasa lebh nyaman, teman anda dapat berkonsultasi dengan dokter wanita, misalnya. Demikian informasi yang dapat kami berikan benjolan bibir vagina. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar