Sukses

Cara Mengatasi Gigi Berdarah saat Bangun Tidur dan Bau Mulut

02 Apr 2017, 23:41 WIB
Pria, 17 tahun.

Assalamualaikum dok. Mau tanya Knp sih Setiap sy baru bagun Gigi sy kok sering kali berdarah yah? Trus Sering Mengeluarkan Bau mulut Dan Cara mengatasinya bagaimana? Itu ajjh dok terimakasih

Terimakasih telah bertanya mengenai Cara Mengatasi Gigi Berdarah saat Bangun Tidur dan Bau Mulut melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami keluhan yang anda alami. Bau mulut yang terjadi setelah bangun tidur sebenarnya merupakan kondisi fisiologis atau normal. Hal ini terjadi karena pada saat kita tidur, tidak terjadi daya self cleansing dari gigi, yaitu kemampuan gigi memproduksi cairan crevicular guna membasuh leher gigi (bagian antara gigi dan gusi) dimana tempat menumpuknya sisa makanan. Daya self cleansing biasa terjadi saat pengunyahan. Bau tak sedap tersebut biasanya akan hilang dengan minum air putih, berkumur obat kumur tanpa alkohol dan menyikat gigi. Bila bau mulut tetap bertahan, berarti Anda harus mencermati lagi kondisi gigi dan mulut anda, serta kebiasaan dan cara Anda menyikat gigi serta makanan yang biasa Anda konsumsi atau sukai. Kebiasaan sikat gigi yang terlalu kencang juga dapat menimbulkan gusi berdarah, selain itu penumpukan karang gigi yang menyebabkan radang gusi juga dapat membuat gusi berdarah. Gusi berdarah yang dibiarkan dapat membuat mulut tambah bau di pagi hari karena air ludah bercampur dengan darah dalam kondisi mulut yang cenderung kering.

Masalah bau mulut yang timbul sehari-hari dapat disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor lokal dan faktor yang berasal dari dalam tubuh. Faktor lokal menyangkut keadaan yang ada dalam rongga mulut Anda dan untuk faktor sistemik disebabkan karena kelainan atau penyakit dari dalam tubuh.

Untuk merawat kondisi gusi yang berdarah sebaiknya segera konsultasikan keadaan anda dengan dokter gigi. Pertama-tama dokter gigi akan melakukan scaling/ pembersihan karang gigi, lalu kontrol 1 minggu. Bila masih terdapat darah saat menyikat gigi, dokter gigi akan memeriksa lebih lanjut bagian mana yang masih mengalami radang gusi, kemudian akan melakukan kuret gusi di bagian tersebut. Radang gusi dapat kambuh kembali dengan mudah, oleh karena itu setelah radang gusi sembuh dan tidak lagi berdarah, jangan lupa untuk melakukan cek up gigi rutin minimal 6 bulan sekali dan menyikat gigi secara teratur dengan Metode Bass, 2 kali sehari, yaitu saat setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Mengatasi Gigi Berdarah saat Bangun Tidur dan Bau Mulut, Semoga jawaban kami dapat membantu anda.

0 Komentar

Belum ada komentar