Sukses

Bengkak di Pipi Setelah Operasi Gigi Bungsu

02 Apr 2017, 23:32 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat pagi dok, saya ingin bertanya. Sudah 8 hari saya pasca operasi gigi bungsu tetapi bengkak di pipi sebelah kanan saya masih ada. Seperti benjolan dan itu sangat mengganggu ketika makan. Sakit ketika ditekan. Bagaimana caranya dok agar bengkak di pipi saya ini bisa kempes? Saya sudah dua kali ke dokter dan diresepkan obat utk kedua kalinya tapi tidak ada perubahan. Trims

Terimakasih telah bertanya mengenai bengkak di pipi setelah operasi gigi bungsu melalui fitur Tanya Dokter.

Proses pemulihan setelah odontektomi memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebetulnya pembengkakan adalah hal yang biasa terjadi setelah operasi tersebut, biasanya paling jelas terlihat pada hari ke-3 dan baru hilang setelah seminggu.

Namun pada kenyataannya setelah operasi gigi molar 3 ini malah baru sembuh total lebih dari 8 hari. Pembengkakan bisa diminimalkan, bila pasien mengikuti instruksi pasca operasi. Hari pertama kompres dingin selama 15 menit, istirahat sebentar lalu kompres lagi. Hari berikutnya kompres hangat, dapat membantu mengurangi bengkak. Pipi boleh dipijat tapi secara perlahan saja.

Jangan lupa obatnya dihabiskan, tetap jaga kebersihan gigi dan mulut terutama di soket bekas gigi yang telah dicabut. Dalam kasus anda, apakah ada sisa makanan yang terjebak si luka bekas pencabutan? Jangan sampai ada sisa makanan yang terjebak di situ, tapi jangan dicongkel-congkel. Bersihkan dengan berkumur air garam hangat. Jika nyeri berlanjut periksakan kembali ke dokter gigi, agar segera dapat ditangani.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai bengkak di pipi setelah operasi gigi bungsu, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar