Sukses

Tekanan Darah Tinggi

02 Apr 2017, 19:30 WIB
Wanita, 22 tahun.

Ass dok.. 3 hari lalu saya kena batuk, sakit tenggorokan dan demam. Saya diberikan molexflu dan hufadril tp obat itu rasanya ga ngaruh sama badan saya trus saya minumkan paracetamol, tremenza dan hufadril. Panasnya turun cm badan saya masi ttp ga enak karena tegang dileher dan tetap masi sakit tenggorokan. Setelah 2 hari memakai paracetamol, tremenza dan hufadril saya stop karena badan ga kunjung enakan jg. Trus baru td sy cek tensi ternyata tinggi 130/90. Saya mau tanya dok apa ini termasuk hipertensi? Dlm keluarga sy ga ada turuan drah tinggi, malah sebelum2nya tekanan darah saya selalu normal dan bahkan rendah.. mohon penjelasannya dok.. trims.. Wss..

Terima kasih telah bertanya seputar tekanan darah tinggi menggunakan fitur Tanya dokter

Tekanan darah manusia dapat bervariasi dalam sehari, bergantung pada aktivitas fisik dan juga fluktuasi emosi. Untuk itu, diagnosis tekanan darah tinggi tidak dapat ditegakkan hanya melalui satu kali pemeriksaan tekanan darah tinggi.

Hipertensi adalah suatu kondisi kesehatan ketika tekanan darah seseorang lebih tinggi daripada nilai standar normal. Pada usia di bawah 60 tahun, tekanan darah seseorang diharapkan berada di bawah 140/90 mmHg. Nilai di atas dan sama dengan 140/90 mmHg menandakan adanya hipertensi dan perlu ditangani dengan segera untuk menghindari komplikasi mematikan di kemudian hari. 

Bagaimana dapat mengetahui kalau Saya memiliki tekanan darah tinggi?

Namun, yang perlu diperhatikan adalah diagnosis hipertensi tidak dapat ditegakkan hanya dengan satu kali pemeriksaan saja. Rekomendasi pemeriksaan tekanan darah untuk mendiagnosis hipertensi harus dilakukan paling tidak dalam 3 kali kunjungan. Pemeriksaan darah perlu dilakukan dengan alat pemeriksaan standar yang akurat dan paling baik dalam posisi duduk tenang.

Pada saat pemeriksaan tekanan darah, kondisi orang yang diperiksa juga harus diperhatikan. Pasien pada saat itu:

  • Dalam keadaan tenang paling tidak 5 menit sebelum pemeriksaan.
  • Tidak merokok atau minum kopi 30 menit sebelum pemeriksaan.
  • Tidak menahan kencing. Sebaiknya sudah pergi ke toilet terlebih dahulu sebelum pemeriksaan. Kandung kemih yang penuh dapat membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi dari normal.
  • Pemeriksaan dilakukan paling tidak 2-3 kali dalam 1 kunjungan dengan jarak 2 menit masing-masing pemeriksaan.

 

Bagaimana dengan Anda? Bagaimana hasil pemeriksaan tekanan darah Anda dalam 3 kali kunjungan?

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang tekanan darah tinggi. Semoga bermanfaat

    0 Komentar

    Belum ada komentar