Sukses

Mengoreksi Mata Silindris

31 Mar 2017, 14:42 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok ,saya ingin bertanya. Beberapa hari lalu saya periksa mata ternyata hasil yg di tunjukan mata kanan saya mengalami silindris 0.50 ,apakah bisa di sembuhkan? Atau mungkin ada cara menyembuhkan dengan cara alternatif lainnya. Terimakasih

Terimakasih telah bertanya seputar mata silindris melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Mata silindris disebut juga dengan astigmatisme. Ini merupakan kelainan refraksi pada kornea atau lensa mata. Hal ini disebabkan karena kelengkungan kornea atau lensa mata tidak seragam.

Kelainan reftaksi pada astigmatisme menyebabkan bayangan jatuh tidak pada satu titik, akhirnya menyebabkan benda tampak kabur. Hal ini terjadi karena kelengkungan kornea atau lensa yang tidak rata

Penyebab dari astigmatisme masih belum diketahui. Koreksi astigmatisme dapat dengan menggunakan kaca mata silindris atau lensa kontak.

Pemberian kacamata lensa silinder memang tidak bersifat merubah bentuk bola mata yang sudah ada, tetapi membantu agar sinar yang masuk ke mata menjadi dibiaskan pada satu titik fokus dan kemudian objek yang dilihat menjadi jelas. 

Penggunaan kacamata dianjurkan untuk dipakai secara teratur agar peningkatan ukuran silindris tidak bertambah atau lambat bertambah.

Koreksi mata silindris juga dapat dilakukan secara permanen melalui prosedur bedah refraktif LASIK atau ReLEx SMILE sehingga kelengkungan yang tidak rata menjadi rata. 

Lebih jauh lagi mengenai LASIK dan ReLEx SMILE dapat Anda baca di sini:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar mata silindris. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar