Sukses

Bila Mengalami Depresi

31 Mar 2017, 14:42 WIB
Wanita, 22 tahun.

Halo dokter. Saya wanita usia 22 tahun. Saya mau minta saran dokter yg bisa membantu saya. Semenjak saya dikhianati dan ditinggal kekasih saya, saya mengalami gejala depresi yang semakin hari semakin parah. Hanya mantan saya yg bisa membuat saya tenang tapi dia sudah tidak peduli. Kepercayaan diri saya juga hilang, termasuk pada tuhan. Saya takut semakin parah dan bisa melukai orang lain, ada saat-saat dimana saya tidak bisa mengendalikan diri. Kadang saya berfikiran untuk mengakhiri hidup, tapi saya tidak mau memalukan keluarga saya. Saya ingin sembuh dari depresi ini. Saya ingin hati dan fikiran saya sehat kembali. Saya juga ingin keyakinan bahwa tuhan menyayangi saya kembali. Saat ini saya sedang mencari psikiater untuk konsultasi. Saya sudah mencoba mencari" di internet, ada beberapa yg saya rasa bisa membantu tapi kepercayaan diri saya sudah tidak ada. Apa disini dari teman-teman dan para dokter ada yang bisa memberi saran psikiater yg bisa membantu saya. Saya tinggal di jakarta pusat. Terimaka\sih

Terimakasih telah bertanya tentang depresi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami turut prihatin akan kondisi Anda.

Depresi adalah suatu keadaan umum dimana terjadinya pengurangan atau penurunan keadaan emosi dan mood dari seorang yang mengakibatkan gangguan di dalam aktivitasnya sehari-hari.

Gejala depresi dapat berupa:

  1. Hilangnya minat atau keseangan yang jelas pada semua aspek atau hampir semua aspek sepanjang hari hampir setiap hari.
  2. Penurunan berat badan yang bermakna, padahal tidak melakukan diet atau olahraga yang rutin.
  3. Gangguan tidur
  4. Kelelahan atau hilangnya energi tiap hari
  5. Perasaan tidak berharga atau perasaan bersalah yang berlebihan atau tidak tepat.
  6. Hilangnya kemampuan untuk berpikir atau memutuskan sesuatu.

Untuk mengatasi depresi, Anda perlu melakukan relaksasi mencoba berpikir jernih mengenai apa yang terjadi. Dokter dapat meresepkan obat antidepresan untuk mengurangi keluhan yang dirasakan.

Mohon maaf, karena alasan etika dan untuk menghindari bias informasi kami tidak dapat menyebut nama psikiater tertentu di sini. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar depresi. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar