Sukses

Benjolan pada Penis, Apa Sebabnya?

01 Apr 2017, 23:53 WIB
Pria, 19 tahun.

Selamat malam dok.. saya leo dari bekasi. Saya mau tanya. Di batang kemaluan saya ada tonjolan merah seperti jerawat dok ? Mengapa hal tersebut terjadi ? Apakah dapat sembuh ? Dan bagaimana penyembuhan nya ? Terimakasih

Terimakasih telah bertanya mengenai benjolan pada penis menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Untuk keluhan benjolan pada kemaluan, perlu dilengkapi dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Sejak kapan keluhan ini terjadi? Bagaimana munculnya?
  • Apakah terdapat lecet atau luka pada penis Anda?
  • Apakah terdapat kelainan kulit lain yang menyertai di sekitar area timbulnya 'jerawat'?
  • Apakah terdapat keluhan lain seperti nyeri saat BAK, keluar nanah dari penis, dll?
  • Bagaimana dengan riwayat berhubungan seksual Anda?

Selain pertanyaan-pertanyaan di atas, perlu juga diketahui konsistensi benjolan, apakah berisi cairan (bening/nanah/darah) atau padat, bagaimana daerah kulit sekitar, apakah ukurannya menetap atau cenderung membesar, dan lain sebagainya.

Keluhan benjolan di penis dapat terjadi karena beberapa hal dan karena itu perlu diperiksa dengan mata secara langsung agar diketahui penyebabnya. Bila Anda belum pernah melakukan hubungan seksual, kemungkinan benjolan yang dialami bukan bagian dari gejala infeksi menular seksual. Benjolan tersebut bisa merupakan jerawat, karena struktur kulit penis juga memiliki kelenjar minyak. Bila memang benar jerawat, pengobatan berupa pemberian salap antibiotik apabila benjolan kecil-kecil dan tidak banyak/terbatas pada area tertentu.

Karena untuk menentukan diagnosis diperlukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar Anda mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat untuk kondisi Anda.

Berikut kami sertakan pula artikel "9 Penyebab Bintik pada Penis", yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai benjolan pada penis, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar