Sukses

Penyebab Alergi Dingin

01 Apr 2017, 19:55 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok.. Suami saya punya alergi terhadap dingin/hawa dingin. Biasanya suka bersin terus menerus dan hidungnya mengeluarkan ingus bening+encer. Alergi dingin itu menurun dari ibunya dok. Sedangkan 2 orang saudari kandung suami saya itu tidak ada yg alergi dingin (normal). Pertanyaan saya,apakah alergi suami saya itu menurun silang? Dari ibunya (wanita) ke suami saya (pria). Lalu jika saya punya anak perempuan apakah nanti juga akan mengalami alergi dingin seperti suami saya? Mohon penjelasannya dokter.

Terima kasih telah bertanya tentang alergi dingin menggunakan fitur tanya dokter Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Dalam kasus Anda, Anda perlu memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi Anda. Anda perlu memperhatikan jenis-jenis makanan, kondisi udara, dll yang memicu timbulnya alergi Anda. Jika keluhan Anda selalu keluar saat berada di lingkungan dingin atau udara dingin, maka besar kemungkinan Anda memiliki gangguan alergi dingin.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya. Jika alergi dingin maka Anda dapat menggunakan pakaian atau jaket untuk mengatasi dingin,dsb.

Gejala alergi macam-macam, bisa berupa kelainan kulit (kemerahan, gatal, bentol, iritasi), sesak napas, keluar lendir dari hidung, dan sebagainya. Obat untuk alergi adalah antihistamine. Namun sebelumnya harus dipastikan terlebih dahulu Anda memang alergi dingin atau kedinginan, karena keduanya merupakan hal yang berbeda. Untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah jaket atau pakaian tebal dan panjang.

Jika keluhan yang timbul karena alergi Anda cukup mengganggu maka kami sarankan Anda segera berkonsultasi langsung dengan dokter agar mendapatkan penangan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar